Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi Anda yang Kesulitan Menikmati Aksi Bercinta, Ini Solusinya!

Kompas.com - 23/01/2014, 18:42 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com - Menurut statistik terbaru, lebih dari 40 juta orang Amerika yang hidup dalam pernikahan tanpa seks, dan 15 persen pasangan melakukan hubungan seks 10 kali dalam setahun atau kurang dari itu.

Jika ini terjadi pada Anda, dan itu sangat mengganggu Anda atau pasangan, mungkin Anda perlu mengetahui apa masalah di balik semua itu. Pertimbangkan beberapa masalah dan solusinya berikut ini.

Masalah: terlalu lelah.

Solusi: dapatkan lebih banyak istirahat. Tidak cukup tidur memang buruk bagi pikiran dan tubuh. Kelelahan tentu saja menempatkan Anda pada mood yang buruk dan mengurangi keinginan untuk berintim ria dengan pasangan. Jika Anda menolak pasangan karena lebih suka tidur daripada berhubungan seks, cobalah untuk mengubah jadwal tidur atau sebaliknya. Anda bisa mencoba berhubungan seks di pagi atau sore hari sebelum tidur.

Masalah: tidak yakin dengan tubuh sendiri.

Solusi: yakinkan diri agar merasa lebih baik dengan diri sendiri. Banyak orang berhenti melakukan hubungan seks karena mereka sadar diri tentang tubuh mereka. Anda mungkin merasa tidak seksi di hadapan pasangan karena berat badan berlebih. Tidak mudah untuk makan sehat dan  berolahraga lebih banyak, tapi Anda bisa mengambil langkah-langkah untuk lebih nyaman dengan tubuh sekarang. Seperti berpikir positif tentang diri Anda. Cobalah dengan memakai pakaian atau lingerie baru yang terlihat seksi.

Masalah: berkaitan dengan usia.

Solusi: cobalah dengan lubrikan. Penuaan pasangan bisa menyebabkan seks tidak menyenangkan. Pria mungkin kesulitan ereksi, sementara wanita mungkin merasa lebih kering selama premenopause dan setelah menopause. Cobalah menghubungi dokter atau terapis seks untuk menemukan pengobatan masalah ini, seperti memakai obat atau pelumas vagina.

Masalah: selalu ada anak-anak di sekitar Anda.

Solusi: cari waktu sendirian. Setelah punya anak-anak, mungkin Anda dan pasangan merasa tidak pernah punya waktu berdua saja. Dan ketika ada waktu, Anda sudah kelelahan untuk melakukan aktivitas seksual. Jika ini terjadi, jadwalkan waktu untuk berdua saja tanpa anak-anak. Entah makan malam di restoran, atau menyewa sebuah hotel.

Masalah: Anda tidak berbicara tentang seks.

Solusi: jadilah lebih terbuka. Anda dan pasangan mungkin merasa tidak nyaman berbicara tentang seks, mungkin sulit untuk memulai pembicaraan dan mengkomunikasikan apa yang diinginkan masing-masing. Oleh karena itu, berusahalah lebih terbuka dengan pasangan. Jika canggung pada awalnya, kemungkinan dia akan senang setelah itu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com