Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2014, 16:33 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com - “Suami ingin sekali punya anak laki-laki, tapi hasil USG kemarin anak kami perempuan,” ucap seorang wanita yang sedang menunggu waktu kelahiran anaknya dengan nada kecewa.

Mungkin tidak hanya wanita ini yang mengalami kekecewaan akan kelamin calon buah hatinya, tapi masih banyak lagi. Padahal, apapun gender buah hati Anda, sudah sepatutnya Anda mengucap syukur.

“Laki-laki atau perempuan sama saja. Yang penting sehat! Seperti itulah seharusnya Anda mensugesti otak Anda,” jawab salah satu ahli kesehatan di fitpregnancy.com   ketika salah satu pembaca menanyakan hal ini.

“Kecewa boleh dan sangatlah umum terjadi, tapi jangan berlama-lama,” kata psikolog klinis Elizabeth Lombardo, Ph.D., penulis A Happy You: Ultimate Prescription for  Your Happiness .   "Itu tidak berarti Anda tidak akan mencintai anak Anda atau tidak menjadi ibu yang baik."

Anda hanya sudah memiliki gambaran tertentu mengenai bayi Anda di kepala dan saat (mengetahui gendernya) ini Anda harus menyesuaikan citra tersebut. Biarkan diri Anda memproses kekecewaan beberapa minggu ini. "Jangan memaksa untuk menyingkirkan perasaan itu segera, yang ada Anda akan merasa makin bersalah dan sedih."

Jika kekecewaan itu terus berlanjut, bicaralah dengan terapis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com