Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2014, 15:50 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis



Kompas.com -
Gaun tradisional China yang disebut cheongsam biasanya hanya kita ingat menjelang perayaan Imlek saja. Padahal, cheongsam atau qipao ini sudah semakin mendunia, bahkan para selebriti Hollywood tak segan memakainya untuk mendapat tampilan ramping dan seksi.

Cheongsam pada awalnya adalah gaun terusan dengan siluet lebar yang menutup seluruh badan, kecuali kepala, telapak tangan, dan jari kaki. Gaun ini juga aslinya memiliki leher tinggi dan tertutup.

Cheongsam banyak dipilih para perempuan China karena alasan ekonomi, yakni bisa dipakai dalam berbagai kesempatan, selain tentunya nyaman dipakai. Proses pembuatannya juga mudah dan tak memerlukan banyak material bahan karena tak memerlukan banyak aksesoris.

Di akhir tahun 1920-an, seiring berdatangannya warga Eropa dan Amerika ke Shanghai, desain cheongsam berubah menjadi lebih modern. Perempuan China, terutama dari kalangan kelas atas, membuat cheongsam menjadi pas di badan dan menjadi lebih pendek, hingga sedikit di bawah lutut. Untuk memudahkan si pemakainya berjalan, bagian bawah gaun diberi belahan pinggir.

Panjang lengan pun berubah, dari yang awalnya menutup hampir seluruh lengan menjadi sangat pendek, hanya sedikit di bawah bahu. Material busana dan warnanya juga semakin variatif.

KOMPAS.com/Vitalis Yogi Trisna /Gaun Cheongsam rancangan Sebastian Gunawan.

Siluet cheongsam yang ramping dan mengikuti bentuk tubuh juga membuat para bintang Hollywood jatuh cinta. Salah satu aktris yang tampak cantik memakai busana ini adalah Nicole Kidman, Madonna dan Kirsten Dunst. Tak ketinggalan, para desainer dari luar Asia juga memperlihatkan rancangan cheongsam dalam koleksinya, mulai dari Louis Vuitton, Marc Jacobs, sampai Ralp Lauren.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com