Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Kriteria Model Favorit Menurut Desainer?

Kompas.com - 01/02/2014, 13:28 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


KOMPAS.com - Seorang model bisa diibaratkan artis film, hanya saja tanpa dialog. Mereka harus mampu menjadi penyampai pesan dari desainer dan bertugas memberikan jiwa kepada koleksi busana yang dibawakannya.

Setiap desainer tentu memiliki kriteria sendiri terhadap model yang akan membawakan koleksi rancangannya.

Bagi desainer senior Didi Budiardjo, model termasuk dalam elemen penting dalam sebuah peragaan busana. "Selain koleksi baju dan venue, seorang model juga akan menentukan seluruh koleksi yang ditampilkan," katanya.

Dalam memilih model yang akan tampil dalam peragaan busananya, Didi memiliki sejumlah kriteria. "Tentu saja yang pertama dilihat adalah fisiknya, misalnya tinggi badannya dan juga look-nya," katanya ketika dihubungi KompasFemale.

Ia juga akan memilih model yang memiliki karakter pas dengan baju yang akan dibawakannya. "Tentu saja yang tak kalah penting profesionalitasnya. Selain harus disiplin seorang model juga harus enak diajak kerja sama dengan seluruh pendukung acara, misalnya dengan make up artist. Sebuah fashion show adalah kerja tim," katanya.

Sementara itu desainer Didiet Maulana, mengatakan model yang akan dipilihnya adalah model yang bisa memberikan "jiwa" dan keindahan pada busana koleksinya. "Saya ingin agar di panggung bukan hanya si model yang menonjol, tapi juga bajunya," katanya.

Model yang memiliki reputasi baik, menurut Didi akan lebih disukai para desainer. "Kalau model yang kita pakai ternyata tidak bisa diajak kerja sama dan sulit diatur, itu akan menjadi catatan tersendiri bagi kami," paparnya.

Desainer lulusan sekolah mode Susan Budihardjo ini mengatakan tidak memiliki seorang model yang menjadi Muse-nya.

"Kreasi yang saya buat memang saya proyeksikan untuk wanita secara umum. Tetapi kalau seluruh koleksi sudah jadi, biasanya langsung terbayang baju ini akan cocok dibawakan oleh model si A atau si B," ujar Didi.

Desainer yang cukup rajin mengeluarkan koleksi busana pengantin ini mengaku menyukai model Fahrani dan Paula Verhoeven yang dinilainya cukup luwes dalam memakai bermacam-macam gaya busana.  Sementara itu untuk model dari luar negeri, ia mengaku menyukai Cara Delevingne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com