Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Mengajarkan Anak untuk Banyak Tertawa dan Bersikap Sopan

Kompas.com - 02/02/2014, 09:50 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Sebagai seorang ibu teladan, tentu Anda tahu mengenai manfaat dari mengajarkan hal-hal baik kepada anak sedari mereka kecil. Apa yang mereka lihat dan dengar di masa pertumbuhan, merupakan cikal bakal yang membentuk karakter dan kepribadian, saat kelak menjadi manusia dewasa.

Orangtua memiliki peran penting dalam pembentukkan karakter dan kebiasaan sang buah hati, maka dari itu jangan menyepelekan usia anak yang terbilang masih kecil, dengan bebas berperilaku dan bertutur kata yang tidak pantas dilihat dan didengar oleh anak. Sebaliknya, sebarkan energi positif dalam lingkungan rumah Anda, tujuannya supaya anak dapat menyerap banyak kebaikan, agar saat mereka mulai sekolah, diharapkan dapat menjadi contoh terpuji bagi teman-temannya.

Seperti dikutip dari magforwomen berikut beberapa contoh positif yang dapat Anda tularkan pada sang buah hati. Yuk, disimak!

 Tertawa bersama

Walau si kecil belum mengerti ungkapan yang mengatakan, tawa adalah “obat” paling mujarab untuk meningkatkan kesehatan tubuh, tidak ada salahnya untuk tetap mereka untuk banyak tertawa dan menikmati hidup dalam porsi yang seimbang. Tanamkan dalam pikiran anak, bahwa manusia cerdas itu adalah seseorang yang tahu membagi waktu antara agama, karier dan kehidupan pribadi. Katakan pada mereka, bahwa tertawa lepas bersama sahabat dan keluarga dapat membuat mereka lebih bahagia dalam menjalani hidup. 

Jangan cepat mengeluh

Mungkin Anda tidak sadar, kebiasaan Anda yang sering mengeluh karena jalanan yang macet, cucian yang tak kunjung kering karena hujan dan sebagainya, secara tidak langsung bisa membuat anak jadi cepat mengeluh pula. Ajarkan anak mengenai bagaimana cara menumbuhkan antusiasme yang tinggi terhadap apa pun yang mereka kerjakan. Dengan mengerjakan hal-hal yang dapat memacu semangat dan antusias mereka, selain dapat mengajarkan untuk tidak cepat menyerah, juga bisa mengidentifikasikan minat dan bakat anak. 

Bersikap sopan terhadap sesama

Ajarkan anak Anda cara bersikap sopan kepada siapa saja, caranya dengan membiasakan diri sendiri untuk berlaku sopan terhadap orang lain, supaya anak menyaksikan sendiri contoh baik ini langsung dari orangtua dan menirunya saat bersama saudara, teman serta guru di sekolah.

Bersikap sopan membantu mereka mendapatkan teman lebih banyak dan memudahkan mereka diterima dalam berbagai lapisan lingkungan sosial. Jika dari kecil anak sudah mudah bergaul, saat dewasa nanti, mereka pun pastinya lebih cepat beradaptasi di lingkungan baru.

Menerima perbedaan secara positif

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia, ajarkan anak untuk bisa menerima kekurangan orang lain dan mensyukuri kelebihan pada diri sendiri. Dengan begitu, ketika bertemu dengan seseorang yang dinilai kurang pintar atau kurang mampu, anak pun tak langsung menghakimi tapi justru berhati besar untuk menerimanya sebagai pengalaman hidup. Terapkan pada alam pikirannya bahwa, setiap orang memiliki sisi baik.

Jangan malu mengekspresikan kasih sayang

Banyak orangtua yang enggan terlalu sering mencium dan memeluk anak, padahal dua hal tersebut merupakan unsur utama dalam menumbuhkan empati dan kepedulian tanpa pamrih pada jiwa si kecil.  Anak perlu memahami kekuatan kasih sayang, betapa hal tersebut dapat memperkaya nuraninya sebagai manusia yang berkualitas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com