Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2014, 16:51 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky
KOMPAS.com - Operasi caesar bukanlah operasi ringan, karenanya tubuh memerlukan waktu beberapa hari untuk pemulihan. Biasanya rasa sakit pada bekas luka operasi membuat para ibu tidak bisa banyak beraktivitas meski sebenarnya hati sudah tak sabar untuk membawa si kecil pulang ke rumah.

Untuk mempercepat pemulihan dan mengembalikan energi yang hilang, perhatikan asupan makanan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang disarankan dikonsumsi pasca operasi.

1. Telur
Telur merupakan makanan yang sangat penting dikonsumsi pascaoperasi. Telur ini mengandung protein dan zinc yang tinggi sehingga mempercepat pemulihan.

2. Ikan
Ikan mengandung banyak omega-3 yang bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, kandungan asam lemak ini juga akan menjaga metabolisme tubuh.

3. Susu
Susu mengandung kalsium yang tinggi, sehingga sangat penting saat sedang menyusui. Proses menyusui juga akan mengurangi jumlah kalsium dalam tubuh.

4. Semangka
Setelah operasi, usus Anda membutuhkan waktu untuk bisa bekerja dengan normal. Karena itu hindari makanan yang tidak menyebabkan gas dan juga konstipasi. Kandungan air yang tinggi dalam buah semangka akan membantu mengembalikan cairan tubuh setelah operasi.

5. Yogurt
Yogurt adalah pilihan yang sangat tepat untuk mengembalikan kalsium dan zinc ke dalam tubuh. Anda bisa mencampurnya dengan berbagai macam olahan yang disukai.

6. Lemon
Lemon mengandung banyak vitamin C yang sangat baik untuk membantu melawan infeksi. Setelah operasi, ada kemungkinan Anda akan terjangkit infeksi di area luka. Maka konsumsi vitamin C akan membuat Anda lebih tahan pada infeksi.

7. Sayuran
Sayuran berdaun hijau atau merah mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Ini akan membantu pergerakan usus dengan lebih sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com