Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2014, 15:25 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com — Meski kita sering lupa atau tidak menyadarinya, sebenarnya kita memiliki kekuatan super dalam diri. Jika kita mau, kita bisa menggunakan kekuatan ini dan mengubah dunia di sekitar kita.

Apa saja kekuatan super tersebut?

1. Kekuatan cinta
Ini adalah yang terbesar, dan kekuatan ini berlaku untuk setiap jenis cinta; cinta kepada keluarga, teman, pasangan, anak, bahkan hewan peliharaan. Namun yang terutama adalah rasa cinta kepada diri sendiri. Kita akan merasa lebih hidup dan terhubung jika kita membiarkan hati untuk merasakan dan mengekspresikan rasa cinta ini.

Entah Anda merasa lebih nyaman untuk menyampaikannya lewat kata-kata atau tindakan, biarkan orang-orang mengetahui betapa berartinya mereka dalam hidup Anda.

2. Kekuatan kata-kata
Ini adalah kekuatan super yang penting untuk kebaikan, terutama karena kata-kata bisa berdampak besar jika kita tidak berhati-hati. Kata-kata kasar, kritikan, umpatan, dan gosip negatif bisa menghancurkan kepercayaan diri dan hubungan kita dengan orang lain.

Meski begitu kita punya kekuatan untuk mengubahnya. Mulailah untuk memberikan komentar positif dan dorongan semangat. Anda tetap bisa jujur jika ada sesuatu yang negatif tapi tetap bersikap baik. Berusahalah untuk menghindari kata-kata yang menyakitkan.

3. Kekuatan memberi contoh
Tahukah Anda bahwa hidup orang-orang di sekitar kita, entah itu pasangan, anak, atau bawahan kita di tempat kerja, akan menjadi lebih baik jika kita mau menjadi mentor yang positif. Gunakan kekuatan Anda dalam hal mendidik dan menginspirasi. Jika Anda ingin orang di sekitar Anda berkembang, mulailah memberi mereka contoh.

4. Kekuatan untuk bergerak
Kemampuan tubuh untuk bergerak sering kita remehkan. Berolahraga, menari, atau sering-sering bergerak akan berpengaruh pada mood, membangun kepercayaan diri dan kekuatan. Kita tidak perlu selentur atlet atau penari, yang perlu kita lakukan hanyalah mulai bergerak. Berjalan kaki adalah cara paling mudah untuk memulai.

5. Kekuatan gaya
Mengembangkan sense alami terhadap sebuah sytle sangatlah penting. Kita bahkan bisa mengontrol pesan apa yang akan kita sampaikan kepada dunia melalui pilihan gaya personal. Pikirkan gaya apa yang paling sesuai dengan kepribadian dan ekspresikan. Cara tersebut bisa mencerminkan apa yang ada dalam diri Anda. Memperhatikan gaya bukan hanya membuat Anda terlihat cantik dan menarik, tetapi juga unik.

6. Kekuatan membuat pilihan
Ada kekuatan besar yang kerap kita lupakan. Ada banyak hal yang bisa kita ubah hanya dengan membuat sebuah pilihan berbeda. Kita memang tak bisa mengubah semua hal, tapi ada beberapa faktor yang bisa kita kontrol.

Jika Anda tidak bahagia dengan kehidupan sosial sekarang, apa yang bisa Anda lakukan? Mulai berteman dengan orang yang berbeda? Bepergian ke tempat berbeda? Jika Anda tidak bahagia dengan bentuk tubuh sekarang, apa yang bisa dilakukan agar berubah? Mulai lebih banyak berjalan? Mulai disiplin menjaga pola makan? Ada banyak area lain dalam hidup yang bisa kita ubah hanya dengan menggunakan kekuatan ini.

7. Kekuatan bersenang-senang
Ini adalah bagian paling menyenangkan dari menjadi anak-anak: selalu bersenang-senang. Begitu kita beranjak dewasa, hidup kita akan dipenuhi sederet tanggung jawab. Tapi tak pernah ada kata terlambat untuk memasukkan unsur kesenangan dalam hidup. Berkumpul dengan sahabat dan bernostalgia masa-masa indah yang pernah dilewati bersama. Atau berani mencoba sesuatu yang baru dan seru. Nikmati waktu yang ada untuk lebih banyak tertawa, dan bawa kembali keseimbangan hidup.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com