Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyibak Karakter Pria Lewat Warna Mobil Kesayangannya!

Kompas.com - 05/02/2014, 17:08 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com — Menguak karakter pria incaran yang selalu membuat Anda tersipu-sipu lewat zodiaknya, itu sih, sudah kuno. Sekarang, apabila Anda tengah penasaran mengenai kepribadian si dia yang sesungguhnya, tengok saja warna mobilnya!

Dikutip dari FoxBusiness.com, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal American Psychological Association membeberkan, hubungan antara warna mobil  terhadap karakter pemiliknya disimpulkan memiliki keterkaitan yang erat satu sama lain.

“Selera warna setiap orang tidak sama, malah bisa dibilang selalu berubah-ubah setiap saat. Tetapi, ketika bicara soal pemilihan warna mobil, umumnya berhubungan dengan gaya dan selera personal. Meskipun jenis kendaraan, desain, dan brand juga memiliki pengaruh besar dengan pemilihan warna. Namun, lagi-lagi, apa pun pilihan warnanya, ternyata terkait dengan karakter dan bagaimana seseorang ingin  merepresentasikan dirinya di lingkungan sosial,” ujar Nancy Lockhart, Marketing Manager, Axalta Coating Systems, Detroit, Amerika Serikat.

Anda boleh percaya atau tidak, tetapi tidak ada salahnya untuk menyimak uraian yang bersumber hasil observasi Axalat Coating System terhadap perilaku pelanggan dan warna mobil pilihan mereka.

Benarkah pilihan warna mobil si dia menunjukkan karakter diri yang Anda kenal selama ini? Yuk cari tahu!

Warna putih

Merefleksikan pribadi yang dinamis, modern, berjiwa muda, dan gemar akan unsur-unsur yang mengedepankan elegansi serta kenyamanan. Menurut Marcie Cooperman, Professor of Color Theory di Parsons The New School for Design, New York, Amerika Serikat, umumnya putih diasosiasikan dengan kejujuran dan ketulusan. Selain itu, seperti yang Anda ketahui, warna putih itu memerlukan perawatan ekstra. Nah, bisa jadi gaya hidup si pengendara mobil warna putih terbilang high-maintenance.

Warna hitam

Salah satu warna mobil paling laris ini mendefinisikan seseorang yang menyukai kemewahan dan segala hal yang sarat dengan sentuhan nan glamor. Selain itu, juga melambangkan pribadi yang cerdas, konservatif, mendominasi, dan berambisi terhadap kekuasaan. Tak heran jika banyak mobil milik pemerintah yang digunakan oleh sejumlah pejabat memang mayoritas berwarna hitam!

Warna silver (perak metalik)

Mencerminkan pribadi yang inovatif, memiliki pandangan serta pemikiran jangka panjang yang matang, trendi, senang bergaya kekinian, percaya diri, praktis, dan terbuka dalam menerima kritikan. Kemudian, mereka adalah tipe orang yang saat berhadapan dengan konflik, hal pertama yang mereka pikirkan adalah solusi, bukan intrik dan politik.

Di Amerika sendiri, warna mobil silver ternyata kurang diminati. Menurut data yang diungkap oleh Axalta, warna ini ada di peringkat ketiga! Ini berarti, tidak banyak warga Amerika memiliki kepribadian yang merefleksikan mobil warna silver secara garis besar.

Warna abu-abu tua

Mereka yang memilih mobil warna abu-abu tua umumnya adalah seseorang yang tidak suka menjadi pusat perhatian, patuh pada aturan dan tradisi, menjunjung martabat dan memiliki pemikiran yang matang.

Lebih lanjut, warna mobil laris yang berada pada urutan keempat di Amerika ini melambangkan seseorang dengan jiwa yang lebih senang berkarya dibandingkan banyak bicara, hobi mengatur, pada kondisi tertentu mereka cukup fleksibel, cenderung kuno tetapi senang membantu orang lain.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com