Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2014, 10:29 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Parenting
KOMPAS.com - Selama 6 bulan pertama, makanan terbaik bagi bayi hanyalah Air Susu Ibu (ASI). Baru kemudian secara bertahap bayi diperkenalkan kepada berbagai jenis makanan dan minuman. Dengan banyaknya bahan makanan, orangtua kerap bingung kapan yang tepat untuk memperkenalkan makanan baru kepada bayi mereka.

1. Makanan dalam potongan kecil
Finger food atau makanan dalam potongan yang kecil, misalnya buah atau biskuit sudah boleh diberikan jika si kecil sudah mampu menggenggam dengan baik. "Bayi biasanya sudah dinilai siap ketika mereka mulai memilih dan menunjuk benda dengan jari-jarinya. Saat ini mereka akan mulai memasukkan apapun ke dalam mulutnya," ungkap Daniel Miner, MD, pedriatik di New York.  Agar tak tersedak, sebaiknya buat makanan ini jadi potongan kecil dan sekali makan.

2. Minum air putih
Asupan cairan yang diberikan untuk bayi biasanya adalah ASI atau susu formula. Namun, saat anak sudah bisa mendapat tambahan makanan padat (usia 4-6 bulan) maka Anda bisa memberikannya air putih. Namun batasi hanya sampai 118 ml per harinya. Jangan terlalu banyak memberinya air putih karena ini akan membuatnya lebih sedikit minum ASI.

3. Kue atau roti
"Bayi sembilan bulan sebenarnya sudah bisa diberi tambahan kue atau roti sebagai makanan pendamping, namun harus tetap diberu perhatian penuh agar cara makan dan kandungan makanannya tidak merusak calon gigi anak," ungkap Dr Roche, ahli perkembangan anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com