Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2014, 08:45 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Beban kerja dan juga masalah yang berkaitan dengan hubungan kita dengan orang lain bisa menjadi sumber kecemasan. Jangan biarkan kondisi tersebut mengurangi kualitas hidup Anda. Redakan rasa cemas dengan rutin berlatih yoga.

Sebuah penelitian menunjukkan, melakukan sesi yoga dua kali seminggu masing-masing 90 menit selama 3 bulan mampu menurunkan gangguan kecemasan, rasa lelah, dan inflamasi. Manfaat ini bahkan tetap bertahan selama satu bulan meski kita berhenti berlatih yoga.

Manfaat yoga untuk mengurangi peradangan juga lebih jelas terlihat pada pasien yang bertahan dari kanker payudara. Selain itu mereka juga merasakan kadar energi meningkat sementara level depresi berkurang.

Komponen meditasi yang terdapat dalam latihan yoga juga diketahui akan mengurangi stres dan membantu tidur lebih nyenyak. Hal ini juga menjelaskan mengapa kadar inflamasi atau peradangan menurun.

Melalui yoga kita juga akan belajar melatih konsentrasi dan pernapasan. Hal tersebut akan membantu kita mengatasi stres. Efek positif tersebut bahkan akan bertahan jangka panjang.

Jadi, jika hidup Anda mulai dipenuhi oleh perasaan cemas, tenangkan diri dengan berlatih yoga.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com