Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2014, 13:22 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Redbook

KOMPAS.com – Bagi pasangan yang tengah menanti kehadiran sang buah hati, momen kehamilan memang membahagiakan. Apalagi saat kandungan sudah mulai terlihat dan membesar, sukacita yang dirasakan dengan suami, pastinya turut membahagiakan orang-orang sekitar Anda.

Keluarga, sahabat dan juga rekan keluarga, tak segan untuk mencurahkan perhatian dan kasih sayang pada Anda dan bayi dalam kandungan. Sayangnya tanpa disadari, beberapa dari mereka kerap mencurahkan perhatian dengan cara berlebihan, akhirnya malah jadi menganggu kenyamanan Anda dalam beraktivitas.

Berikut beberapa bentuk perhatian orang sekitar yang mengganggu kenyamanan ibu hamil; 

1. Mengelus perut
Sesekali sih tak masalah, tapi kalau ada banyak orang yang mengelus perut Anda? Lumayan menyebalkan juga! Karena tak dimungkiri bahwa di Indonesia, mengelus perut ibu hamil, lumrah untuk dilakukan.  Padahal tidak semua perempuan hamil merasa nyaman, ada tangan orang lain mengelus-elus perutnya. Sebenarnya, bukan karena sombong atau angkuh, tapi memang tidak nyaman.

2. Duh ada "polisi" makanan dan minuman
Perempuan hamil sudah sepantasnyan menjaga makanan dan minuman yang masuk ke dalam perutnya.Tetapi sekalipun Anda sudah tahu tentang makanan dan minuman apa saja yang boleh dimakan, bahkan juga diperkuat dengan saran dokter, masih saja ada orang yang sering jadi "polisi" makanan dan minuman.

Ada saja yang terang-terangan melarang Anda untuk tak boleh makan ini dan itu. Niatnya memang baik, tapi percayalah mereka yang tengah mengandung tahu makanan dan minuman apa saja yang boleh dikonsumsi untuk mereka dan mana yang tidak.

3. Pengamat berat badan
Wajar saja kalau berat badan bertambah saat hamil. Hanya saja, meskipun tengah mengandung, masih banyak  perempuan yang khawatir berat badannya meningkat dratis. Maka dari itu, jangan menambah kekhawatiran ibu hamil dengan mengomentari lingkar pinggangnya yang semakin melar.

4. Orang yang terus menerus mengingatkan membeli perlengkapan bayi
Mendekati masa kelahiran, pasangan suami istri pasti sudah mulai melengkapi kebutuhan untuk buah hati kesayangan mereka. biasanya, pada masa ini pun orang lain turut “repot” mengingatkan Anda, apakah sudah membeli alat pemompa ASI, popok bayi organik dan sebagainya.

Tetapi sebenarnya yang dibutuhkan oleh perempuan hamil adalah saran dan rekomendasi mengenai perlengkapan bayi terbaik, bukan seseorang yang selalu bertanya-tanya ingin tahu sudah sejauh mana kesiapan si ibu hamil dalam menyambut kehadiran sang bayi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com