Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/02/2014, 07:00 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Setelah lolos seleksi dan mendapat panggilan dari perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan, pasti perasaan Anda lega dan perwujudan mimpi seolah selangkah lebih dekat. Tapi jangan buru-buru bersuka cita dahulu, karena Anda harus menyiapkan diri untuk menghadapi psikotes!

Jangan begadang

Hindari begadang sebelum melakukan psikotes. Pasalnya untuk menghadapi psikotes, Anda membutuhkan konsentrasi yang lebih. Apalagi, biasanya psikotes akan menghabiskan waktu yang cukup panjang. Sehingga dibutuhkan stamina lebih untuk mengerjakannya. Waktu 8 jam adalah waktu yang ideal untuk Anda tidur.

Sarapan

Tidak hanya sebelum psikotes, ternyata sarapan menjadi hal yang berpengaruh dalam kegiatan Anda setiap hari. Perut kosong memang akan merusak konsentrasi saat mengerjakan psikotes. Namun, bukan berarti Anda makan sebanyak mungkin agar tidak merasa lapar hingga psikotes selesai. Justru itu akan membuat Anda mengantuk. Makan secukupnya saja.

Baca dengan detail petunjuk soal

Waktu yang diberikan sering kali membuat kita terburu-buru mengerjakan tes. Padahal, hal terpenting saat mengerjakan adalah petunjuk soal. Sebelum mulai mengerjakan, sebaiknya pahami dulu cara dan petunjuk untuk mengisi soal yang ada. Sebab, terdapat berbagai macam soal psikotes yang berbeda cara pengisiannya. Jangan biarkan keterbatasan waktu membuat Anda abai membaca petunjuk dan salah menjawab.

Jadi diri sendiri

Tes ini akan membuktikan seperti apa karakter dan kepribadian Anda, apakah sesuai dengan yang dicari oleh perusahaan. Apakah sesuai dengan visi dan misi perusahaan tersebut atau tidak. Apabila cocok, perusahaan tersebut atau tidak. Apabila cocok, perusahaan akan menempatkan Anda sesuai dengan hasil psikotes. Misalnya, hasilnya mengatakan Anda bagus dalam menghitung cepat, perusahaan akan menempatkan Anda sesuai dengan keterampilan tersebut.

Good luck!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com