Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2014, 14:22 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Glamour

Kompas.com - Sepatu memang memiliki fungsi sebagai alas kaki, tetapi ia juga menjadi benda mode. Karena itu sepatu bukanlah benda yang bisa dipilih sembarangan, bahkan tak bisa memilih sepatu berdasarkan kenyamanannya saja.

Desainer sepatu terkemuka Manolo Blahnik, mengungkapkan setiap wanita seharusnya memiliki sepatu fantasi. Ia merujuk pada sepatu yang biasanya bertumit tinggi menjulang dengan bentuk yang ekstrem. Misalnya saja sepatu dengan bagian depan mirip burung merak dan di bagian tumit dihiasi bulu-bulu merak yang indah. Atau sepatu-sepatu unik yang kerap dipakai Lady Gaga.

Di ajang Pekan Mode New York, Manolo menampilkan koleksi sepatu terbarunya. Desainer sepatu kesayangan "Carrie" ini masih setia pada sepatu berhak tinggi menjulang. Musim ini ia banyak memilih warna-warna netral seperti hitam, krem, putih, dan juga merah.

Sepatu-sepatu rancangannya itu terinspirasi oleh budaya Spanyol dan Inggris di abad 19. Beberapa koleksinya memang banyak yang bergaya victoria dengan detail berupa renda. Yang pasti sepatu rancangannya ini memiliki ciri khas mewah, rumit, dan selama bertahun-tahun telah mengilhami dunia mode.

Dalam sebuah wawancara dengan Glamour.com, Manolo mengungkapkan setiap wanita bisa memakai sepatu bertumit tinggi dalam setiap kesempatan, dari pagi sampai malam.

"Jika Anda hidup dalam fantasi, Anda bisa tampil liar dan memakai sepatu apa saja yang disukai," katanya.

Berdasarkan sejarahnya, sepatu-sepatu tinggi yang bernama chopines telah dipakai perempuan di Venice, Italia. Adapun kaum pria di Eropa mengenakan sepatu hak tinggi pada abad ke-17 sebagai penanda kekuasaan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com