Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2014, 09:25 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com - Setiap perempuan mendambakan tubuh yang mulus. Namun seringkali hal-hal kecil, seperti kulit leher yang kurang cerah atau tidak sesuai dengan wajah, dirasa mengganggu.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Penyebabnya tak lain paparan sinar matahari dan kurangnya perawatan kulit leher secara intensif seperti yang dilakukan pada kulit wajah. Kondisi inilah yang menyebabkan warna kulit tidak rata alias belang.

Selama ini foundation atau alas bedak dengan warna setingkat lebih terang dari kulit asli menjadi solusi yang dirasa praktis dan cepat untuk menatasi masalah ini. Namun, penggunaan akas bedak secara terus-menerus, apalagi dibagian leher, akan berdampak kurang baik terhadap tekstur dan kesehatan kulit leher.

Alas bedak hanya berfungsi menutupi warna kulit asli bukan membersihkan atau mencerahkan.

Atasi dengan lima langkah

Menanggapi hal tersebut dr, Indra Tranggono, dokter kosmetologi House Of Ristra, menyarankan, untuk mendapatkan warna kulit leher yang diinginkan bisa didapat kurang lebih dalam waktu sebulan. Berikut 5 langkah yang dilakukan:

  1. Bersihkan bagian leher dengan susu pembersih dan sabun, disertai dengan pijatan ringan untuk merangkat sisa-sisa riasan wajah, debu, kotoran, dan kulit mati.
  2. Segarkan dengan toner yang mampu memaksimalkan dan meregenari kulit bagian leher.
  3. Lembapkan dengan moisrurizer dan serum khusus kulit wajah dan leher yang mampu menutrisi.
  4. Lakukan pengelupasan atau eksfoliasi secara teratur dengan krim khusus scrubbing, lalu bersihkan dengan handuk yang direndam air hangat.
  5. Oleskan toning lotion dengan kapas, tepuk-tepuk di kulit yang sudah dibersihkan, dan diakhiri dengan pemberian krim pelembap, pemutih, anti aging, anti wrinkle dan krim khusus malam hari.

Selain 5 langkah yang bisa dilakukan sendiri sepert diatas, tindakan lain untuk leher cerah adalah dengan bantuan dokter ahli kecantikan atau beautician. Jenis perawatannya seperti microdermabrasi untuk mengangkat kulit mati, atau mesoterapi untuk mencerahkan kulit bagian leher.

Gunakan produk kosmetik dengan ph-balanced yang sesuai untuk kulit Asia atau yang tinggal di iklim tropis, karena sebenarnya ph atau keasaman antara kulit leher lehe dengan wajah adalah sama.

Penggunaan produk yang sesuai dapat menghindari reaksi alergi yang berdampak pada kerusakan mantel asam perlindungan kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com