Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/02/2014, 10:44 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber BABYCENTER

Kompas.com - Kehamilan merupakan momen yang dinanti setiap pasangan. Namun menjalani kehamilan selama 9 bulan bisa menjadi waktu menunggu yang membosankan.

Merasa bosan dengan kehamilan adalah hal yang normal, terutama saat memasuki trimester ketiga kehamilan. Selain karena perubahan fisik yang membuat tidak nyaman, perlakuan lingkungan terhadap Anda yang sedang berbadan dua bisa membuat calon ibu ingin segera melahirkan.

"Setelah saya hamil dan perut mulai membesar, semua teman di kantor tak henti-hentinya bertanya tentang kehamilan. Di usia kehamilan 6 bulan saya ingin bayi ini segera keluar," kata Susan Greer, seorang akuntan.

Banyak ibu hamil yang mengaku bosan juga dengan percakapan yang selalu fokus pada perubahan fisik yang dialaminya. Jika ini yang terjadi, cobalah untuk mengubah topik pembicaraan.

Meski begitu Anda harus berhati-hati jika rasa bosan tersebut berubah menjadi perasaan sedih, cemas, dan memengaruhi aktivitas Anda.

Memang mood swing adalah hal yang normal selama kehamilan, tetapi merasa teramat bosan dan tidak tahu harus melakukan apa adalah tanda-tanda depresi. Segera konsultasikan kepada dokter kandungan.

Cobalah untuk menikmati minggu-minggu terakhir kehamilan. Lakukan hal-hal yang membuat Anda nyaman dan bahagia. Setelah si bayi lahir waktu untuk diri sendiri adalah hal yang sulit dicari.

Banyak hal yang bisa Anda kerjakan, misalnya membuat janji makan siang dengan sahabat, mempelajari hal baru, misalnya cara membuat makanan pendamping ASI, atau memanjakan diri dengan pijat atau berbelanja. Tak kalah penting adalah menikmati waktu romantis bersama pasangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BABYCENTER
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com