Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatasi Kebiasaan Balita yang Sering Terbangun Tengah Malam

Kompas.com - 22/02/2014, 12:14 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber parentdish


KOMPAS.com –
Waktu tidur merupakan masa yang sangat penting bagi kesehatan anak. Selain berfungsi untuk mengistirahatkan fungsi tubuh, waktu tidur juga memacu pertumbuhan fisik anak.

Anak berusia balita atau prasekolah biasanya mampu tidur sepanjang malam. Namun ada sebagian anak yang sering terbangun di malam hari. Ada beberapa pemicunya, misalnya mimpi buruk, suasana rumah yang berisik, sakit, atau pun tidak berani tidur sendiri, jika ia sedang belajar tidur di kamar terpisah dengan orangtuanya.

"Saat bangun di malam hari, yang terpikirkan oleh balita adalah mencari orangtuanya. Oleh karena itu Anda bisa mengajak anak kembali tidur di kamarnya atau membiarkan mereka tidur bersama Anda," kata Alyson Schafer, psikoterapis dan pakar pengasuhan.

Jika anak yang terbangun itu mengajak Anda untuk bermain, jelaskan padanya bahwa malam hari adalah waktu untuk tidur dan manusia baru beraktivitas di siang hari.

Berikut beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk membuat si kecil dapat mudah tidur kembali.

1. Ajak ia berjalan kembali ke kamarnya, tetapi Anda jangan mengajaknya bicara, bernyanyi lagu tidur atau memberikan ciuman. Hanya memindahkan dia kembali ke kamarnya.

2. Anda bisa mengajaknya tidur bersama atau menyediakan kasur tambahan di dalam kamar Anda jika kejadian ini sering terjadi. Bila si kecil bangun dan mencari orangtuanya, ia bisa tidur di kasur tambahan tersebut tanpa perlu membangunkan Anda.

3. Anda bisa mengunci pintu kamar sehingga si kecil bisa kembali ke kamarnya lagi. Namun, ada dua kemungkinan jika Anda melakukan ini, pertama si kecil akan menangis dan meminta untuk masuk, atau si kecil akan kembali ke kamarnya sesuai ajaran Anda.

Setelah beberapa malam, kebanyakan anak-anak akan menyadari bahwa tidak ada gunanya bangun di malam hari karena tidak ada orang sama sekali yang bermain. Dengan kesadaran baru ini biasanya mereka akan tidur kembali dengan mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com