Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Isu Kecantikan yang Membuat Penasaran Perempuan Terjawab

Kompas.com - 23/02/2014, 15:14 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber MORE

KOMPAS.com — Beberapa ahli kulit ternama asal Amerika dikumpulkan oleh More untuk menjawab lima pertanyaan seputar kecantikan yang paling mengganggu pikiran kaum perempuan. Apa sajakah itu? Ikuti uraian menarik berikut ini.

Apakah minum air bisa membantu melembabkan kulit?
Ya, tetapi kapan kita meminumnya, itu yang menjadi penting. Menurut Cornelia Zicu, Skin Care Director dari Red Door Spa, “Jika minum delapan gelas air di antara siang hari dan pukul lima sore, kita akan sering bolak-balik ke kamar kecil dan kehilangan banyak mineral.”

Harus ada jadwal yang mengatur kapan Anda meminum air putih pada waktu yang tepat, misalnya minum sedikit-sedikit sebanyak lima sampai enam gelas sepanjang hari. Tetapi, beberapa ahli berpendapat bahwa hal itu tidak bisa digantikan. Lebih baik melakukan aktivitas keduanya, minum banyak air dan mengoleskan pelembab.

Mengapa pada usia matang masih berjerawat dan apa perawatan yang paling efektif?

Setidaknya seperempat dari perempuan berusia 35 sampai 55 tahun berjerawat. Meskipun, jerawat pada usia matang merupakan efek dari ketidakseimbangan hormon yang biasanya berdasarkan periode tertentu, bukan permanen, menjelang menstruasi atau ketika sedang stres.

Jerawat ini biasanya berkumpul di daerah ragu, rahang, dan leher. Amy Welscher, MD, ahli kulit dari New York, memilih membasmi jerawat pasiennya dengan memberikan pil kontrasepsi karena akan menyeimbangkan tingkat hormon.

“Jerawat pada usia matang harus difokuskan pada membunuh bakteri dan membersihkan pori-pori,” ungkap Fredric Brang, MD, ahli kosmetik dari Manhattan dan Miami. Eksfoliasi menggunakan bahan kimia dengan resep dokter seperti Retin-A atau salicylic acid adalah yang paling efektif karena bisa mengikis sel kulit mati (mencegah penyumbatan pori) dan meminimalisasi berkembangnya bakteri.

Brandt juga menyebutkan treatment kombinasi seperti pengelupasan dengan glycolic acid dan salicylic acid dengan Isolaz Laser yang membersihkan dengan mekanisme penyedotan, serta penyinaran untuk membersihkan pori lebih dalam agar bakteri hilang secara tuntas.

Apa perawatan kecantikan rutin paling sederhana dengan hasil yang dapat dilihat?

Hampir semua ahli setuju dengan rutinitas ini. Pada pagi hari kita butuh tabir surya untuk melindungi kulit, ditambah dengan produk yang mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas. Biasanya berbentuknya kombinasi, seperti Estee Lauder Day Wear Advanced Multi-Protection Anti-Oxidant & UV Defense SPF50.

Lalu pada malam hari gunakan sejenis eksfoliasi dari bahan kimia. Standarnya adalah retinol atau dengan resep dokter Retin-A. Jika kulit kita terlalu sensitif, gunakan pembersih yang mengandung glycolic acid cream, seperti Mario Badescu Glycolic Foaming Cleanser.

Adakah urutan tertentu dalam menggunakan produk perawatan kulit?

Gunakan mulai dari yang paling ringan teksturnya sampai yang paling pekat, yaitu serum yang paling awal lalu diikuti dengan sunscreen atau krim malam.

Apa produk kecantikan yang dibutuhkan semua orang?

“Tabir surya,” ujar Heidy Waldorf, MD, ahli dermatologidari New York, AS, mengumandangkan anjuran setiap ahli kulit lainnya. Hal ini diperkuat dengan pernyataan dari Elizabeth Tanzi, MD, ahli dermatologi dari Washington DC, yang juga menganjurkan agar Anda yang berada pada usia matang rajin memulaskan tabir surya sebelum keluar rumah.

“Ilmu ini telah diakui selama puluhan tahun dan benar-benar merupakan bahan antipenuaan nomor satu,” urai Waldorf. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com