Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2014, 11:01 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Memiliki sedikit teman baik sebenarnya lebih berharga daripada berteman dengan banyak orang, tetapi tak ada yang benar-benar memahami kita sepenuhnya.

Mencari seorang sahabat sejati memang tidak mudah. Ia adalah orang yang kita percayai sepenuhnya, tidak meninggalkan satu sama lain ketika salah satunya sedang menghadapi masalah, saling mendukung, dan tak ada yang perlu disembunyikan di antara sahabat. Persahabatan seperti ini tak akan memudar, bahkan terus menguat dan bertahan seumur hidup.

Dari sekian banyak teman yang Anda miliki, berbahagialah Anda jika sudah memiliki 5 jenis teman dengan kualitas seperti ini.

1. Teman yang mau berusaha
Pertemanan merupakan bentuk ikatan yang juga perlu dibina. Teman yang masih saling berkirim pesan, menelepon, atau mengusahan waktu untuk bertemu, menandakan ia menghargai pertemanan Anda. Teman yang baik juga berarti teman yang memaafkan. Tak ada manusia yang sempurna, dan teman sejati memahami sepenuhnya hal itu.

2. Ikut bahagia dengan tulus
Bersyukurlah jika Anda memiliki teman yang dengan tulus ikut berbahagia saat Anda mengalami keberuntungan. Anda pun seharusnya bersikap demikian karena persahabatan juga memerlukan timbal balik.

3. Selalu berpikir positif
Teman yang selalu berpikir positif dan memiliki motivasi yang kuat akan berdampak positif juga pada hidup kita. Anda sebaiknya waspada jika teman Anda hobi bergunjing tentang keburukan orang lain. Bukan tidak mungkin ia juga bisa bergosip tentang Anda di masa depan.

4. Jujur dan terbuka
Kepercayaan yang tinggi pada sahabat membuat kita bisa bersikap jujur dan terbuka kepadanya. Mereka pun percaya sepenuhnya pada kita. Teman yang baik tidak akan menyalahkan, mereka memahami persamaan dan menghormati perbedaan. Teman sejati akan mengungkapkan kebenaran, meski itu berat untuk Anda terima, dan mereka juga memastikan tetap ada di sisi Anda.

5. Apa adanya
Kedekatan antara Anda dan dia membuat pertemanan Anda tidak lagi penuh pura-pura. Anda bisa bersikap apa adanya, termasuk mempersilahkan teman datang ke rumah meski kondisinya sedang berantakan. Mereka adalah teman-teman yang "nyata".


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com