Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2014, 14:41 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Rutin memesan gado-gado dan makanan yang mengandung banyak sayuran setiap hari, atau pun selalu membawa bekal makan siang dari rumah bukan berarti pola makan Anda sudah sehat. Simak tanda-tanda pola makan Anda perlu diperbaiki:

1. Bosan
Anda menganggap ikan atau ayam sebagai sesuatu yang membosankan. Ini karena Anda mengolah sumber protein ini hanya dengan cara dikukus karena takut menambah lemak.

Memiliki pola makan sehat tidak berarti selalu monoton. Bahkan, semakin bervariasi menu makanan Anda, makin lengkap nutrisi yang diperlukan tubuh.

2. Tak bisa melihat foto makanan enak
Melihat foto-foto makanan yang digoreng atau penuh bumbu di media sosial membuat Anda kesal. Anda justru menuduh orang-orang sengaja menggoda Anda.

3. Selalu lapar
Anda selalu kelaparan. Ini bisa terjadi karena makanan yang selama ini Anda konsumsi kurang sehat dan tidak bisa membuat Anda puas. Makan juga bisa menjadi pelarian dari kondisi stres.

4. Rutin pesan makanan
Setiap beberapa hari sekali Anda akan memesan makanan cepat saji. Hati-hati, barangkali Anda sudah kecanduan makanan tersebut.

5. Laci makanan selalu perlu diisi
Laci makanan Anda di kantor atau di rumah sering kosong. Kebiasaan ngemil Anda mungkin perlu dikurangi. Ketahui juga apakah hobi ngemil ini karena Anda ingin mendapatkan kepuasan dari stres yang dihadapi.  

6. Selalu makan ikan
Memang ikan merupakan sumber gizi yang baik bagi otak. Namun, ikan juga mengandung merkuri. Meski kadarnya bervariasi, tapi jika Anda mengonsumsinya hampir setiap hari lama kelamaan bisa berakumulasi.

7. Menyukai minuman manis
Minuman manis dan dingin memang pelepas dahaga yang memuaskan di hari terik. Tetapi akan lebih sehat jika Anda memuaskan diri dengan air putih, jus buah tanpa gula, atau perasan jeruk.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com