Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2014, 11:43 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com — Sebuah hubungan harus dibangun oleh kepercayaan. Namun, ketika salah satu melanggar kepercayaan tersebut, tentu sulit untuk mengembalikan hubungan seperti semula.

Sekarang ini, perselingkuhan mungkin bukan hal baru. Ada pasangan yang memilih berpisah setelah perselingkuhan, tetapi tak sedikit yang justru memilih membangun kembali hubungan tersebut dan ikatan mereka semakin kuat.

Tak mudah memang memaafkan perselingkuhan, tetapi jika Anda berdua menganggap hubungan ini cukup berharga untuk diselamatkan, maka Anda bisa fokus untuk bangkit dari masa lalu dan membiarkan semua berlalu. Kemudian, mulailah membangun kembali rasa percaya.

Ketahui apa yang dirasakan

Untuk membangun kembali rasa saling percaya, Anda harus memahami apa yang Anda rasakan dan pikirkan tentang hubungan ini. Anda mungkin harus mundur sejenak, mengenali emosi yang sedang dialami. Anda juga harus berusaha menerima realitas pahit dalam hubungan ini. Jika ini sudah bisa dilakukan, langkah selanjutnya akan lebih mudah.

Makna kepercayaan

Apa arti kepercayaan bagi Anda? Nilai apa yang Anda harapkan ada dalam hubungan ini? Anda harus benar-benar memahami makna kepercayaan dan seberapa besar nilai ini harus ada dalam hubungan.

Percaya diri

Sebelum Anda mulai memercayai orang lain, Anda harus bisa memercayai diri sendiri dan keputusan yang dibuat. Setelah perselingkuhan, mungkin Anda berharap pasangan bisa menjawab semua pertanyaan Anda. Cara terbaik untuk membangun kepercayaan adalah dengan mulai percaya pada diri sendiri.

Ambil pelajaran

Ya, pasangan telah menyakiti Anda dan sulit dipahami mengapa ia tega melakukannya. Namun, sikap terus menyalahkan tak akan membawa Anda ke mana-mana. Jika Anda ingin hubungan ini berhasil, Anda harus berusaha melepaskan. Tentu saja pasangan juga punya peran untuk memulihkan rasa trauma Anda.

Apa langkah selanjutnya?

Membangun kepercayaan harus dilakukan oleh Anda dan pasangan. Memahami apa yang Anda berdua inginkan dalam hubungan ini. Jika pasangan memiliki niat yang tulus untuk mempertahankan hubungan, ia juga harus mampu jujur dan berniat kuat untuk tidak mengulangi perselingkuhannya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com