Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2014, 13:03 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Ketika sedang haid, sejumlah perempuan mengalami mood yang naik turun dan mudah marah. Selain itu, hal lain yang sama menyebalkannya adalah perubahan fisik yang membuat kepercayaan diri menurun.

Beberapa perubahan fisik menjengkelkan tersebut, beberapa di antaranya adalah perut kram dan kembung, tubuh yang terlihat lebih gemuk, serta munculnya jerawat “musiman”. Rasanya kalau bisa, hanya ingin berdiam diri di rumah, mengenakan piyama, atau celana trainning dan kaus longgar tipis. Lalu, menonton televisi sepanjang hari sembari menikmati semangkuk es krim cokelat.

Namun sebagai perempuan modern dengan jadwal aktivitas yang padat, keinginan tersebut tinggal harapan belaka saja. Pastinya atasan dan klien, tak peduli apakah saat menstruasi Anda jadi malas berpikir, atau malas melakukan apapun. Intinya, Anda dituntut untuk tetap berlaku profesional dan menyelesaikan tugas sesuai rencana.

Maka dari itu, dibutuhkan padu-padan busana yang membuat Anda tetap merasa nyaman, bebas bergerak dan tetap terlihat gaya, meski dalam kondisi tubuh yang sedang tidak prima. Berikut 8 pilihan busana kerja yang tepat untuk dikenakan saat menstruasi, seperti yang direkomendasikan oleh Huffington Post:

1. Celana pendek longgar: karet pinggang yang elastis memberikan “ruang” pada bagian perut yang sedang mengembung. Jika ingin mengenakan celana pendek seperti ini, pastikan apakah perusahaan tempat Anda bekerja, mengizinkan karyawan perempuan mengenakan busana yang mengekpos kaki tanpa balutan stoking atau legging.

2. Sweter cashmere : bahan cashmere yang berasal dari dataran tinggi Kashmir di India, umumnya dikreasikan menjadi busana wanita rajutan yang cantik dan hangat. Padukanlah dengan celana pantalon yang longgar atau jeans hitam. Untuk menghadirkan penampilan yang segar, tata rambut dengan gaya kuncir kuda.

3. Gaun midi dan longgar: busana tanpa garis pinggang akan membuat langkah dan gerak tubuh lebih bebas.

4. Rok maxi: gaya rancang rok yang sederhana dan material nan ringan, akan meberikan kehangatan karena menutupi kaki Anda hingga mencapai lutut.

5. Cardigan rajut: bahan rajutnya yang tebal dapat menghangatkan tubuh, ditambah dengan aksen tali pinggang yang membuat Anda terlihat trendi.

6. Jegging hitam: tiga unsur busana yang diperlukan perempuan ada pada jenis celana ini, fleksibel, lentur, dan tentu saja nyaman.

7. Kemeja tunik: pilihlah kemeja tunik tanpa kerah, dan material yang menerawang menjadi elemen gaya yang kekinian.

8. Celana harem: model baggy yang sedikit longgar, bahan katun, dan bagian pinggang yang lentur akan meredam perih yang terasa akibat kram perut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com