Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2014, 17:19 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Kemampuan mengolah bahan-bahan makanan menjadi santapan lezat ternyata diinginkan oleh banyak orang. Bahkan, menurut survei di lima kota besar di Indonesia, ternyata 9 dari 10 perempuan berharap bisa memasak.

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan memasak adalah dengan rajin berpraktik dan membekali diri melalui kursus memasak.

Arnold Poernomo, chef sekaligus brand ambassador Fiesta Seafood mengatakan, sebenarnya semua orang bisa memasak. Oleh karena itu, memasak seharusnya menjadi kegiatan yang bisa dilakukan semua orang dengan mudah dan menyenangkan.

"Semua orang bisa memasak, tapi banyak alasan yang buat mereka jadi nggak mau masak. Misalnya, repot, nggak punya waktu, hasilnya nggak enak. Maka untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan mereka, Fiesta meluncurkan online cooking class, Sealicious," kata Chef Arnold saat konferensi pers peluncuran "Sealicious" The First Online Cooking Class in Indonesia, di Jakarta, Rabu (5/3/2014).

Anna Wibowo, Brand Manager Fiesta Seafood mengatakan, Sealicious ini diluncurkan untuk menginspirasi masyarakat yang ingin lebih mahir memasak dan bisa menghadirkan sajian sedap untuk keluarganya.

"Dengan kampanye ini kami berharap masyarakat bisa lebih terinspirasi untuk mau masak sendiri dibanding beli makanan di luar yang belum tentu sehat dan enak. Biar masaknya lebih jago, belajar dulu di Sealicious," katanya.

Sealicious ini sebenarnya sangat mirip dengan kursus memasak pada umumnya. Lewat website www.fiestaseafood.com/sealicious ini Anda akan diajarkan banyak hal tentang memasak. Di minggu pertama bergabung, Anda akan diajarkan tentang cara dasar memasak dan juga perkenalan alat-alat dapur.

"Di sini semua diajarkan, mulai dari cara yang basic seperti jenis-jenis pisau sampai resep-resep enak juga ada," ujar Arnold.

Serunya, semua materi pelajaran memasak ini disusun oleh chef Arnold Poernomo. Tak cuma itu, jika sudah terdaftar sebagai anggota Sealicious, Anda juga bisa mengikuti kelas memasak online bersama Chef William Gozali (MasterChef Indonesia), dan Chef Winni Giwangkara.

Dengan adanya kursus memasak ini diharapkan sembilan perempuan yang tadinya hanya punya keinginan memasak ini bisa jadi sembilan perempuan yang jago memasak.  "Namun bukan berarti pasti langsung jadi chef hebat lho, tapi yang pasti bisa jadi a better cook," katanya.

Kompetisi memasak

Selain meluncurkan kursus memasak online, Fiesta Seafood juga mengadakan kompetisi online memasak. Kompetisi ini bisa diikuti setelah melakukan pendaftaran sebagai anggota Sealicious. Kompetisi sudah ini dimulai sejak 24 Februari 2014 lalu.

"Setelah registrasi, setiap minggunya akan ada pembaharuan materi memasak. Selain itu akan ada juga trivia kuisnya. Bagi yang mengumpulkan poin paling tinggi itulah yang menang," kata Nurhayati Lubis, Digital dan PR Manager Fiesta Seafood.

Peserta kompetisi akan disaring menjadi top 100 berdasarkan jumlah poin tertinggi. Di minggu-minggu selanjutnya, peserta akan disaring lagi menjadi top 10 dan top 5. Selama empat bulan, peserta harus melalui banyak tantangan seputar dunia memasak, misalnya membuat resep, sharing materi memasak, dan di bulan Mei 2014, akan terpilih dua finalis yang akan memperebutkan gelar juara pertama.

Hadiah yang diperebutkan pun cukup menggiurkan, sang juara berhak mendapatkan kursus memasak gratis di Singapura dan beragam hadiah menarik lainnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com