Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2014, 13:11 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber dailymail


KOMPAS.com —
Meski tampak lugu dan polos, sebenarnya anak balita mampu mengenali apakah seseorang bisa dipercaya atau tidak hanya dengan melihat wajahnya.

Seperti halnya orang dewasa yang kerap bisa mengetahui karakter seseorang dari wajahnya, anak balita juga ternyata punya kemampuan tersebut. Demikian kesimpulan para peneliti yang hasil studinya dimuat dalam jurnal Psychological Science.

Ketua peneliti psikolog Emily Cogsdill dari Universitas Harvard mengatakan, kecenderungan untuk menilai orang lain dari bentuk wajahnya ternyata juga terjadi pada anak balita.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang dewasa kerap menilai karakter seseorang dari penampilan fisiknya, termasuk bentuk wajah. Namun, belum diketahui apakah kecenderungan itu terbentuk karena pengalaman hidup atau secara alami sudah ada sejak usia dini.

"Jika anak balita mengenali sifat seseorang seperti halnya orang dewasa, ini menunjukkan bahwa mengenali karakter melalui wajah adalah kemampuan kognitif sosial yang sudah ada sejak kecil," kata Cogsdill.

Dalam penelitian terhadap 141 anak berusia 3-10 tahun dan 99 orang dewasa yang diminta mengenali sifat seseorang dari foto yang ditunjukkan di komputer, ternyata anak-anak dan orang dewasa sama-sama bisa melakukannya. Sifat yang diminta dikenali adalah bisa dipercaya, dominan, dan kompeten.

Secara umum, anak-anak lebih konsisten dalam menebak sifat "bisa dipercaya" dari foto-foto wajah yang ditunjukkan dibanding dengan sifat "dominan" dan "kompeten".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com