Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Mengenakan Sepatu "High Heel", Rendam Kaki Terlebih Dulu

Kompas.com - 09/03/2014, 14:34 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com – Sepatu tumit tinggi mampu “mendongkrak” penampilan perempuan agar lebih percaya diri dan cantik. Tetapi jika ingin mengenakan jenis sepatu ini, maka Anda harus melupakan unsur kenyamanan.

Jangankan Anda, selebriti sekaliber Julia Robets dan Emma Thompson ternyata tidak betah terlalu lama mengenakan sepatu tumit tinggi atau high heels. Namun, bukan berarti tidak ada solusinya, lho...

Seperti yang diungkapkan oleh seorang mantan model, Marie Helvin, yang berbagi kiat sederhana agar dapat merasa nyaman saat mengenakan sepatu high heels.  Seperti yang diuraikan berikut ini:

1. Ketika membeli sepatu tumit tinggi baru, umumnya alas sepatu masih terbilang licin, sehingga tak sedikit  perempuan yang saat mengenakannya kemudian melangkah sedikit lebih cepat, berakhir dengan kejadian memalukan yakni tergelincir sepatu sendiri. Coba akali dengan menggosok alas sepatu dengan amplas, supaya agak kesat dan tidak terpeleset.

2. Tempelkan band-aid di area tumit dan pergelangan kaki yang sering lecet, kemudian sebelum mengenakan sepatu, rendam kaki dalam waktu sekejap saja dengan air hangat, lalu keringkan. Plester yang lembab tersebut akan membuat sepatu sepatu jadi lebih fleksibel dan lebih longgar.

3. Sebelum benar-benar mengenakan sepatu tumit tinggi, coba latih kaki Anda terlebih dulu. Tujuannya untuk membiasakan kaki, saat melangkah dengan tinggi tumit yang lebih tinggi dari biasanya.  Lakukan hamstring, peregangan, dan putar pergelangan kaki, proses pemanasan ini akan melenturkan kaki agar lebih kuat dan nyaman.

4. Agar kaki Anda tidak bergetar saat berjalan memakai sepatu ini, maka terapkan tip untuk menggunakan selotip di jari kaki. Jika tak memakai sepatu berujung terbuka maka rapatkan jari kaki ketiga dan keempat (dari arah ibu jari) dengan selotip, cara ini akan menjaga otot-otot sejajar yang memungkinkan bola kaki (tumit) menjadi lebih kuat.

5. Semprot kaki dengan deodoran agar telapak kaki tidak berkeringat dan menghindari lecet.

6. Jika kaki Anda sudah terlanjur lecet maka rendam kaki Anda selama 10 menit dalam air hangat dan garam. Karena, garam dapat berfungsi sebagai antiseptik, membunuh bakteri dan mengurangi risiko infeksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com