Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2014, 17:37 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Anak adalah buah cinta ayah dan ibu, sepantasnya tugas mengasuh dilakukan bersama, jangan dilimpahkan seluruhnya kepada ibu. Namun kenyataannya, masih banyak ayah muda yang merasa grogi dan tidak percaya diri saat harus menjaga anak!

Studi yang pernah dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa ternyata sejumlah besar ayah muda mengaku pengalaman pertama mereka saat menggendong bayi, sebagai momen hidup yang penuh tantangan.

Namun, meskipun begitu, mereka mengaku bersyukur dan bahagia saat menggendong bayi mereka, karena pada saat itulah mereka merasakan koneksi yang menyentuh dengan sang buah hati.

Hasil studi lainnya menguraikan, sebanyak 30 persen ayah muda tidak tahu cara menggendong bayi, lalu 90 persen pria mengatakan memerlukan buku panduan praktis mengenai aturan mengasuh anak. Tak heran, masalah yang dihadai para ayah tersebut menimbulkan krisis kepercayaan diri ketika ingin membangun hubungan dengan bayi mereka, baik dengan cara menggendong, mengajak bicara, dan sebagainya.

Maka dari itu, studi yang digagas oleh Persil Non-Bio dan Comfort Pure ini akhirnya menyimpulkan bahwa dibandingkan wanita, ternyata pria memerlukan waktu lebih lama untuk merasa nyaman dan mahir saat menjaga bayi.  Waktu yang dibutuhkan para ayah untuk memupuk komunikasi dan hubungan dengan bayi adalah seminggu. Sementara wanita, sebagai sosok yang mengandung dan melahirkan anak ke dunia, mulai merasa percaya diri semenjak bayi lahir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com