Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/03/2014, 14:02 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Selama ini pria sering dianggap sebagai adalah sosok yang sangat percaya diri dan tidak mudah tersinggung. Dengan kepercayaan dirinya yang tinggi, tentu saja Anda akan menganggap kalau hal-hal kecil yang sepele pasti tidak akan mengganggu dirinya.

Namun, menurut penelitian yang diterbitkan di "Journal of Social Influence", ternyata ada lho hal-hal sepele yang mampu menurunkan harga diri seorang pria. Menurut penelitian ini, harga diri pria akan terluka bila orang lain membukakan pintu untuk mereka.

Studi ini dilakukan untuk melihat bagaimana respon pria saat membukakan pintu untuk pria lain: apakah dengan melewati pintu dan menahannya untuk orang di belakangnya, atau menahan pintu dan membiarkan orang lain masuk lebih dulu.

Hasilnya, ternyata pria cenderung memilih cara pertama, yakni masuk dulu lalu menahan pintu itu untuk orang lain di belakangnya.

Dalam studi berikutnya, peneliti memberian survei singkat setelah mereka berjalan melewati pintu (ada yang membuka pintu sendiri dan ada juga yang dibukakan oleh orang di depannya). Ternyata, pria yang dibukakan pintu oleh pria lain mengaku merasa tindakan tersebut membuat harga diri dan kemampuan dirinya terusik. Mereka lebih suka jika membuka pintu sendiri ketimbang dibantu orang.

Perilaku membukakan pintu untuk orang lain sebenarnya mencerminkan kesopanan, dan pasti perempuan akan senang jika diperlakukan demikian. Namun kebalikannya, jika pria melakukan ini untuk pria lainnya maka ini dianggap merendahkan harga diri pria lainnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com