Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Diperlukan Wanita Karier untuk Meraih Sukses

Kompas.com - 11/03/2014, 09:39 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Wanita memiliki kesempatan yang sama dengan para pria untuk mencapai kesuksesan di dunia kerja. Bahkan, jumlah wanita pemimpin kini naik signifikan. Yang diperlukan untuk meraih sukses salah satunya adalah memperkaya career capital.

Career capital adalah skill yang unik dan bernilai tinggi untuk mengembangkan karier seseorang. Dalam survei yang dilakukan oleh konsultan manajemen Accenture, career capital didefinisikan sebagai kredibilitas di antara kolega kerja, kesempatan untuk berkembang, dan kemampuan memengaruhi pengambilan keputusan di tempat kerja.

Survei yang melibatkan 4.100 eksekutif perusahaan menengah dan besar di 32 negara ini mengungkapkan, 89 persen wanita karier percaya bahwa membangun career capital menjadi kunci utama kesuksesan di dunia kerja.

Selain itu, para responden juga mengatakan bahwa faktor career capital dalam kesuksesan karier mencapai 90 persen dan sisanya adalah faktor-X, misalnya keberuntungan.

Peningkatan career capital ini akan membantu perempuan memiliki berbagai kemampuan lain yang berhubungan dengan pekerjaan. Selain itu, keinginan untuk meningkatkan career capital ini juga akan memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Ada banyak cara untuk mengembangkan kemampuan diri yang dimiliki, 75 persen responden percaya bahwa memperkaya pengetahuan dan kompetensi diri adalah hal-hal yang sangat berkontribusi untuk meningkatkan career capital seseorang.

Selain itu, hal-hal lain yang juga dianggap berkontribusi dalam peningkatan career capital adalah pengalaman kerja (56 persen), lamanya bekerja di perusahaan yang sama (34 persen), serta jejaring dalam organisasi (70 persen). 

Menjadi senior (42 persen), mampu "menjual" kemampuan diri di organisasi (31 persen), dan memiliki pendidikan tinggi dan gelar akademik tinggi (42 persen) juga dianggap berperan serta meningkatkan career capital seorang wanita karier.

"Memupuk dasar career capital yang kuat telah terbukti berhasil membawa karir para wanita ke jenjang yang lebih tinggi dan membantu mereka memanfaatkan potensi mereka secara maksimal,” kata Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur PT. Bank OCBC NISP dalam siaran pers Accenture “Mengenal dan Mengembangkan Career Capital Anda”.

Sependapat dengan Parwati, Dr. Anies Baswedan, Rektor Universitas Paramadina mengatakan bahwa bahwa salah satu tiang penyangga negara adalah sumber daya manusia yang berkualitas. Career capital akan menjadi bekal para profesional Indonesia khususnya perempuan dalam menghadapi perubahan dan menyongsong masa depan dengan optimis.

“Menjaga keunggulan kompetitif menjadi hal yang krusial seiring dengan upaya para profesional mengembangkan karier dan berkontribusi dalam industri yang mereka geluti. Pengembangan profesional sumber daya manusia kita berperan penting dalam membangun Indonesia yang lebih kuat dan kompetitif secara global," katanya.

 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com