Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2014, 15:58 WIB

Kompas.com - Ibu hamil membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam. Waktu tidur yang kurang dapat memengaruhi kesehatan. Nah, agar ibu hamil dapat tidur nyenyak ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

- Mandi air hangat
Basuhlah tubuh atau mandi dengan air hangat (jangan terlalu panas). Gunakan sabun yang dapat menimbulkan efek relaks, seperti yang beraroma levender atau melati. Rasa segar yang ditimbulkan setelah mandi akan membantu lebih nyenyak tidur.

- Carilah posisi tidur yang nyaman
Posisi tidur terbaik yang dianjurkan selama kehamilan adalah miring ke sisi kiri. Ini dapat membantu mengoptimalkan aliran darah, oksigen, dan gizi ke plasenta. Penting juga menempatkan posisi kepala lebih tinggi agar cairan lambung tidak mengalir ke arah kerongkongan.

- Minum segelas susu hangat
Segelas susu hangat akan membantu tidur nyenyak. Susu mengandung asam amino tryptophan yang meningkatkan kadar serotonin dalam otak untuk membantu dapat tidur.

- Latihan menarik napas
Menarik napas dalam yang teratur dapat menolong mengurangi ketegangan otot dan membantu tidur lebih baik. Carilah posisi yang nyaman, entah itu duduk, berdiri, atau pun berbaring, lalu tariklah napas melalui hidung secara perlahan, tahan napas selama 1-2 detik. Keluarkan napas melalui mulut secara perlahan. Lakukan beberapa kali.

- Gunakan bantal sebagai penopang
Untuk mengurangi nyeri di bagian belakang tubuh, gunakan bantal sebagai penopang yang nyaman di bagian pinggang atau pinggul. Letakkan pula bantal di sela kedua paha untuk membuat lebih nyaman.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com