Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2014, 18:21 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Shine

Kompas.com - Selama kehamilan rambut kita membutuhkan perawatan ekstra. Ada ibu hamil yang merasakan rambutnya justru lebih tebal dan bersinar selama berbadan dua, tapi tak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan rambut kering dan rontok.

Berikut beberapa tips untuk merawat rambut selama kehamilan.

1. Nikmati penampilan baru
Kebanyakan wanita memiliki rambut yang lebih sehat selama hamil. Peningkatan hormon estrogen bisa membuat rambut tampak lebih tebal dan mengembang, bahkan pada sebagaian orang bisa mengubah tekstur rambut. Nikmati kondisi ini karena biasanya kondisi rambut kembali ke kondisi semula setelah persalinan.

2. Lebih sering ke salon
Rambut juga akan tumbuh lebih cepat. Karena itu Anda mungkin akan ke salon lebih sering untuk merapikan rambut, kecuali jika sengaja ingin memiliki rambut panjang.

3. Rambut rontok
Pola pertumbuhan rambut akan kembali normal sekitar 12 minggu setelah persalinan. Cukup banyak wanita yang mengalami rambut lebih tipis dan rontok. Bersabar saja karena rambut akan tumbuh kembali dan tampak normal kembali.

4. Ubah tatanan rambut
Rambut terkadang bisa menjadi lebih tebal, bergelombang, atau agak keriting, sehingga cukup sulit untuk ditata. Cobalah memakai styling product untuk mendapatkan hasil akhir yang Anda inginkan. Anda juga bisa mencoba teknik blow dry yang berbeda agar penampilan lebih menawan.

5. Kebiasaan mencuci rambut
Rambut bisa menjadi lebih berminyak atau kering, tergantung pada genetik dan kebiasaan. Sebagian wanita mengalami produksi minyak berlebih pada akar rambut, kondisi ini dipicu oleh hormon androgen. Sesuaikan shampo dan produk perawatan sesuai kondisi rambut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Shine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com