Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2014, 11:33 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber She Knows

Kompas.com - Jatuh hati dengan sahabat pria namun tak tahu bagaimana keluar dari "friend zone" dan meningkatkan status menjadi kekasih?

Memendam perasaan dengan sahabat pria adalah hal yang wajar, apalagi jika selama ini dia adalah orang pertama yang Anda cari ketika Anda sedang sedih dan butuh teman.

Namun seringkali karena sudah sekian lama menjalin persahabatan, Anda sudah mengenal kebiasaannya, termasuk kebiasaan buruknya. Hal ini kerap menyamarkan rasa suka Anda terhadapnya.

Jika Anda ingin membuatnya memahami perasaan suka Anda, cobalah hentikan kebiasaan-kebiasaan ini.

- Memakai kalimat negatif

Menggunakan kalimat seperti "Aku seperti orang bodoh", atau "Kenapa sih sekarang badanku tambah gemuk," didekat orang yang Anda taksir bisa membuat si dia tidak melihat Anda sebagai orang yang bernilai. Bagaimana ia bisa menganggap Anda berharga jika Anda saja sering memakai kalimat negatif untuk diri sendiri.

- Mudah minta maaf

Mengatakan "maaf" untuk sesuatu yang sebenarnya tidak perlu adalah contoh lain yang sebaiknya dihindari. "Semua kebiasaan ini tanpa disadari memberi pesan bahwa Anda tidak menghargai diri sendiri. Tak ada orang yang mau berhubungan dengan seseorang yang merasa insecure," kata Lindsay Chrisler, pakar percintaan.

- Menyembunyikan perasaan

Jangan menyembunyikan emosi hanya karena ingin semua damai. Misalnya saja ketika si dia membatalkan janji, Anda mengatakan "tak apa-apa" walau sebenarnya dalam hati kecewa dan sedih. Katakan terus terang, dan jika ia tak suka dengan kejujuran Anda, mungkin Anda memang tak seharusnya menjalin hubungan lebih dalam dengannya.

- Bersikap seperti jagoan

Pria memang suka wanita yang mandiri, tapi sikap seolah tidak perlu dibantu dan terlalu cuek bisa membuatnya takut untuk mendekati Anda. Ia hanya akan melihat Anda sebagai "teman nongkrong" ketimbang seorang wanita.

- Merasa tidak butuh

Berpura-pura kehidupan sosial Anda sangat sibuk dan tidak butuh kehadiran si dia, sebaiknya dihindari jika Anda memang jatuh hati kepadanya. Hindari pula menutupi perasaan dengan sering bercerita tentang betapa hebatnya pria lain. Amati dengan baik bagimana perasaan Anda ketika di dekatnya dan bagimana sikapnya. Ini bisa menjadi petunjuk apakah cinta Anda tak bertepuk sebelah tangan.

 


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber She Knows
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com