Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sayang Lingkungan dengan Tidak Menggunakan Kosmetik Berkemasan Ganda

Kompas.com - 24/03/2014, 15:25 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber

KOMPAS.com – Memilih kosmetik yang tepat bisa membuat kita jadi agen pelestari alam. Bagaimana caranya? Aturan utama, perhatikan kandungan dan kemasannya. Selain itu, ikuti juga tip berikut dari Lauren dan Janice Cox, dalam bukunya, EcoBeauty: Scrubs, Rubs, Masks, dan Bath Bombs for You and Your Friends.

Periksa kandungan produk

Semakin sedikit kandungan kimianya, dampaknya bagi kulit dan lingkungan akan semakin baik. Untuk menjaga lingkungan dengan cara terbaik, pilih produk berbahan dasar alami, bisa dari tumbuh-tumbuhan atau mineral.

Hindari produk berkemasan ganda

Misalnya sabun cair dalam kemasan botol yang kemudian dibungkus lagi dengan kotak karton. Kemasan yang terlalu banyak sama artinya dengan menciptakan sampah. Selain itu, pastikan juga kemasan produk yang kita beli dibuat dari bahan yang bisa didaur ulang.

Beli produk dalam kemasan atau ukuran besar

Tujuannya, agar kita tak cepat kehabisa dan tak usah membeli produk terlalu sering. Dengan begitu, kita bisa mengurangi jumlah sampah kemasan yang biasanya berbentuk palstik atau kaca.

Coba sebelum membeli

Mintalah sampel sebelum membeli produk, atau ketika sebuah kosmetik baru diluncurkan, biasanya tersedia sampel kecil yang bisa dicoba. Misalnya, pelembab, toner, foundation. Dengan lebih dulu mencoba sampel, kita akan bisa memastikan bahwa produk tersebut benar-benar cocok dan terpakai. Dengan begitu, kita akan terhindar dari aksi pemborosan belanja kosmetik.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com