Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2014, 16:08 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


Kompas.com - Indonesia terancam mengalami krisis air bersih di tahun 2025. Namun kondisi tersebut bisa kita cegah jika kita mau lebih bijaksana dalam menggunakan air, terutama dalam rumah tangga.

Berikut adalah kiat menggunakan air secara optimal dengan konsep 3P (Pengurangan, Penggunaan kembali, dan Pelestarian air).

Pengurangan

- Gunakan pancuran (shower) untuk mandi karena tiga kali lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan gayung atau berendam.
- Menghindari pembilasan cucian berulang kali.
- Menurut keran saat mencuci piring dan sikat gigi.
- Tidak membuang sisa air minum yang tersisa di gelas atau botol dan digunakan untuk menyiram tanaman dan mencuci tangan.
- Tidak menggabungkan pakaian yang terkena lumpur atau pun kain pel dengan baju-baju yang dipakai sehari-hari karena baju yang sebelumnya bersih bisa terkontaminasi kotoran.
- Bila ada kerak atau kotoran yang menempel pada panci atau wajan, rendamlah dengan air sabun sisa cucian piring pertama beberapa saat agar kotoran jadi lebih mudah dibersihkan.

Penggunaan kembali

- Menggunakan kembali air bekas cucian pakaian untuk mencuci mobil atau motor.
- Menggunakan air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman.
- Bagi Anda yang memiliki bintang peliharaan seperti burung, dapat menggunakan bekas air cucian baju untuk menyemprot burung karena terbukti sangat ampuh membunuh kuman, terutama flu burung. Kemudian bersihkan kandang atau jari-jari kandang menggunakan kain lap basah daripada air yang banyak. Selain itu tempat makanan dan minuman burung bisa dicuci seminggu sekali dengan air yang diberi cairan pencuci piring untuk menghindari jamur yang menempel pada tempat makanan dan minuman burung.
- Gunakan air bekas mesin di belakang kulkas atau tampung air dari pendingin ruangan untuk mengepel karena airnya tak kotor.
- Air bekas wudhu bisa dipakai untuk mengepel atau mencuci sandal.

Pelestarian

- Tingkatkan cadangan air tanah melalui kegiatan tanam pohon, pembuatan biopori atau sumur resapan.
- Tampung air hujan untuk digunakan kembali.

Sumber: Molto Save Our Water for The Next Generation


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com