Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2014, 11:32 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis


KOMPAS.com
– Sebelum memulai memasak bahan makanan, salah satu teknik yang harus dikuasai oleh Anda yang baru memulai belajar masak adalah memotong bahan makanan dengan baik dan tepat. Tujuannya, agar sajian makanan terhidang cantik di atas meja.

Berikut beberapa cara memotong bawang dan daging ikan yang mudah untuk dipraktekkan di rumah. Tujuannya agar kemampuan memasak Anda terus terlatih dan akhirnya memiliki kualitas serupa dengan koki profesional idola Anda.

Tip memotong bawang tanpa menangis

Ketika berada di dapur, biasanya memotong bawang adalah pekerjaan yang ingin kita hindari. Mengapa? Karena memotong bawang bisa membuat mata kita mengeluarkan air mata. Kondisi ini diakibatkan uap perih yang membuat mata jadi tepapar iritasi.

Simak tips-tips yang dikutip dari www.fiestaseafood.com/sealicious berikut ini, agar Anda tidak dibuat ‘menangis’ lagi oleh bawang!

Dinginkan bawang selama 30 menit sebelum Anda megupasnya. Sel-sel bawang yang dingin akan bereaksi lebih lambat ketika dipotong.

Potong bawang di dalam rendaman air atau di bawah air yang mengalir. Air dapat mencegah senyawa belerang yang terkandung dalam bawang untuk menguap dan menyerang mata Anda.

Sebelum mengiris dan membelah bawang, rendam mata pisau Anda dengan air. Senyawa belerang akan diserap oleh air yang ada pisau Anda agar uapnya tidak mengenai mata

Potong bawang di dekat api lilin/kompor, dengan jarak yang aman antara bawang dengan api. Panas dapat menarik senyawa belerang menjauh dari mata Anda.

Gunakan kipas, dan arahkan anginnya untuk menjauhi uap bawang dari wajah Anda saat memotongnya

Tip memotong alpukat agar tidak pahit

Alpukat adalah salah satu buah yang bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap pada hidangan salad dan es buah. Namun, celakanya daging buah alpukat kerapkali terasa pahit usai dikerok, ini disebabkan oleh karena teknik mengerok daging buah yang terlalu dalam, sehingga “dinding” kulit turut tercukil dan menempel pada daging buah.

Seperti dikutip dari Bon Appetit, berikut beberapa teknik cerdas memotong buah alpukat:

Belah alpukat menjadi dua bagian yang memanjang. Lalu pisahkan kedua bagian tersebut, sehingga biji alpukat menempel pada salah satu bagiannya.

Tusuk biji alpukat dengan menggunakan pisau pada bagian pangkal (dekat pegangan pisau). Setelah biji menempel, gunakan bantuan ibu jari untuk membuang biji dari pisau. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com