Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan yang Punya Banyak Perbedaan Lebih Langgeng

Kompas.com - 27/03/2014, 12:05 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber dailymail

Kompas.com - Mencari pasangan yang memiliki latar belakang dan kesukaan yang sama dianggap sebagai cara terbaik untuk mendapatkan hubungan yang awet. Tetapi teori tersebut tak selamanya terbukti benar.

Kalau dipikirkan, rasanya memang lebih mudah hidup bersama seseorang yang memiliki kesamaan pandangan dan kebiasaan karena segalanya mudah ditebak. Potensi konflik pun menjadi lebih kecil.

Karena itulah, kebanyakan orang akan mencari kekasih yang memiliki latar belakang keluarga hampir sama, tingkat ekonomi, kepribadian, agama, dan juga usia. Mereka merasa persamaan-persamaan tersebut menjadi "modal" untuk langgengnya sebuah hubungan.

Meski demikian, menurut pakar hubungan Tracey Cox, sebenarnya yang lebih "menjamin" keberhasilan suatu hubungan adalah persamaan sudut pandang.

Untuk mengetahui apakah Anda dan pasangan memiliki perspektif yang sama, Anda bisa melakukan konseling pranikah. Di sini Anda berdua akan diberikan pertanyaan-pertanyaan, misalnya "seberapa penting kesetiaan?", "bagaimana cara membesarkan anak", dan sebagainya.

Menurut Cox, pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa memprediksi apakah hubungan yang akan dijalani akan mengalami banyak benturan atau tidak.

"Sebuah hubungan tanpa konflik adalah mudah dan nyaman. Tetapi jika semuanya berjalan terlalu mulus, Anda tak akan memiliki perbedaan dalam segala hal. Pernikahan tersebut lama kelamaan akan seperti hubungan kakak dan adik," katanya.

Sebaliknya, jika Anda tak terlalu yakin bagaimana reaksi dan pikiran pasangan terhadap suatu hal, tingkat kesenangannya akan lebih tinggi. "Sesuatu yang tidak mudah memang tidak nyaman, tapi itu akan membuat kita selalu bergairah," katanya.

Selain itu, menurutnya, pasangan yang memiliki banyak perbedaan ternyata memiliki hubungan seksual yang lebih memuaskan.

"Perbedaan mungkin tidak akan menghasilkan hubungan yang mulus, tapi perbedaan juga akan membuat kita lebih tertantang dan ini cocok untuk beberapa tipe kepribadian," ujarnya.

Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan adalah memastikan perbedaan dan persamaan Anda dengan pasangan ada pada area yang tepat.

"Persamaan pada nilai-nilai moral dan personal sangat penting dibanding dengan kesamaan minat dan hobi," katanya.

Itu sebabnya, akan lebih penting menemukan pasangan yang memiliki pasangan yang memiliki persamaan pendapat tentang moral seksual, pola asuh anak, pengaturan keuangan, dan bagaimana cara menunjukkan perasaan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com