Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keterampilan Ekstra yang Harus Dimiliki Seorang Model

Kompas.com - 03/04/2014, 18:38 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com — Melihat model melenggang anggun di atas pentas peraga, mereka selalu tampak cantik dan elegan. Ternyata, apa yang terlihat secara kasatmata tersebut memerlukan latihan, konsentrasi, dan dedikasi terhadap profesi yang mendalam.

"Kunci utama yang dibutuhkan seorang model adalah mereka harus punya kemampuan, yakni  kemampuan untuk jalan di catwalk dan berakting," kata salah satu model Tanah Air, Dominique Agisca Diyose, kepada Kompas Female beberapa waktu lalu di kantor Kompas.com, Palmerah Selatan, Jakarta.

Mengapa seorang model harus memiliki kemampuan berakting? Perempuan yang akrab disapa Domi ini menjelaskan bahwa saat seorang model tengah memperagakan busana di atas catwalk, mereka bukan hanya sekadar maneken berjalan, mereka harus terampil menampilkan ekspresi dan gerak tubuh yang senada dengan busana yang dikenakan.

"Model juga harus jago menghayati perannya di panggung. Model harus bisa meresapi aura dari busana yang dipakainya dan juga permintaan serta arahan dari sang desainer tentang baju tersebut. Semua ini diterjemahkan ke dalam lakon yang mereka perankan di atas panggung. Jadi, benar bahwa model itu harus jago berakting seperti pemain film," imbuh Kimmy Jayanti.

Kedua model ini mengaku, ilmu akting akan sangat membantu para model untuk memberikan ragam ekspresi saat mengenakan koleksi dari sejumlah perancang yang berbeda. Sebab, setiap busana memiliki kisah yang berbeda, maka cara menampilkan dan membawakannya pun tidaklah sama.

"Kadang mood kita juga enggak selalu bagus, tapi saat lagi di panggung, enggak boleh kelihatan. Nah, yang seperti ini perlu akting," ujar Kimmy.

Untuk menciptakan ekspresi, gerak tubuh, dan aura yang berbeda, Domi mengaku banyak belajar dari buku, banyak menonton film dari berbagai genre, dan tentu saja banyak latihan. Tak hanya kedua model Indonesia ini yang mengaku pentingnya ilmu peran dalam profesi mereka, tetapi top 3 ajang pencarian model, Asia's Next Top Model, juga setuju dengan pendapat ini.

"Menjadi model itu bukan hanya jadi orang yang memamerkan baju dan berjalan di catwalk, tapi model juga harusnya jadi seorang pemeran yang hebat agar panggung jadi lebih hidup dan tak monoton," kata Bonadea Kometa, finalis Asia's Next Top Model, saat peluncuran produk sampo beberapa waktu lalu di Senayan City.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com