Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/04/2014, 11:58 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com -- Menjaga keutuhan sebuah pernikahan tidak semudah membalikkan telapak tangan, banyak tantangan yang harus dihadapi. Keharmonisan rumah tangga hanya bisa terwujud jika pasangan suami istri saling memiliki pengertian dan toleransi. Hal tersebut diakui oleh pasangan selebriti Oka Antara dan Rara Wiritanaya.

Pasangan yang dibesarkan di ranah sinema dan hiburan Tanah Air ini menikah pada tahun 2008 silam. Namun, semenjak memiliki anak, Rara untuk lebih fokus mengurus rumah tangga. Kini, usia pernikahan telah memasuki tahun keenam dan dikaruniai tiga orang anak. Untuk menjaga keutuhan rumah tangganya, Oka dan Rara memiliki kiat simpel yang terbukti efektif.

Kurangi gadget saat di rumah
"Sekalipun sibuk bekerja, saya selalu usahakan untuk menghabiskan banyak waktu di rumah. Tidak cuma saat weekend saja, tapi juga weekday," kata Oka Antara saat konferensi pers Durex di Jakarta beberapa waktu lalu.

Oka mengaku, hal ini dilakukannya untuk menciptakan waktu yang berkualitas dengan keluarganya. Quality time-nya ini digunakan untuk rehat dan istirahat di rumah. "Di rumah saya juga jarang main gadget, karena sebenarnya saya orangnya agak gaptek dan bukan gadget freak yang suka ngetwit atau update status di medsos," ujarnya.

Selama di rumah, ia dan Rara selalu berusaha untuk sama-sama fokus pada waktu kebersamaan yang dimilikinya. Sehingga, mereka berdua sama-sama mengurangi penggunaan peranti elektronik. Oka hanya menggunakan gadget untuk mengisi kekosongan menunggu jadwal giliran syuting dan berkomunikasi dengan keluarganya.

Sedangkan istrinya, Rara, terbilang aktif menggunakan smartphone untuk mengunggah foto hasil masakannya di medsos. "Kalau saya sih enggak masalah, karena itu kan bagian dari hobinya dia. Selama dia tahu batasan penggunaannya ya tidak masalah, saya sih dukung hobinya saja," kata Oka.

Kurangi pesan teks
Tuntutan profesinya sebagai aktor membuat Oka banyak beraktivitas jauh di rumah sehingga membuatnya tidak bertemu anak dan istri dalam waktu yang lumayan lama. Untuk mengobati kerinduannya pada keluarga, ia siasati dengan berkomunikasi lewat telepon. Bedanya dengan pasangan lain, Oka mengatakan bahwa ia lebih suka menelepon langsung dibandingkan mengirim SMS atau pesan instan.

"Saya enggak terlalu suka kirim SMS atau chatting. Enakan telepon, bisa dengar suaranya langsung dan rasanya beda kalau cuma lewat tulisan. Kalau telepon lebih ada adrenalinnya, karena bisa dengar suaranya dan ini juga mengurangi kesalahan persepsi dari kata-kata yang ditulis," ujarnya.

Anggap istri sebagai sahabat
Zoya Amirin, psikolog seksual, mengatakan bahwa seharusnya pasangan itu adalah sosok paling karib yang nyaman untuk berbagi semua kebaikan, keburukan dan lelucon yang dilakukan pasangannya. Untuk itulah, Oka dan Rara selalu berusaha memosisikan diri mereka sebagai sahabat terdekat.

"Rara itu sudah kayak sahabat laki-laki saya. Saya bisa cerita apa saja sama dia. Saya juga sering berbagi jokes-jokes yang hanya kami berdua yang ngerti, kalau orang lain yang dengar mungkin enggak akan ngerti," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com