Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hobi “Selfie” Menyebabkan Pikun pada Usia Muda

Kompas.com - 10/04/2014, 06:59 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com -- Memotret diri sendiri atau lebih tersohor dengan istilah selfie memang mengasyikkan, apalagi bila hasilnya mendulang pujian dan kekaguman orang lain pada diri Anda. Meskipun menyenangkan, tetapi jangan lakukan terlalu sering. Pasalnya, selfie bisa membuat Anda mudah lupa alias pikun.

Sebuah studi di Fairfield University menemukan dampak negatif dari hobi selfie yang belakangan ini tengah menjadi tren di kalangan generasi muda. Penelitian yang diadakan di sebuah museum ini mengajak para responden terpilih untuk berkeliling dan menikmati rangkaian koleksi sejarah serta suasana di museum.

Seperti dikutip dari majalah Marie Claire edisi April terbitan Amerika Serikat, peneliti membagi responden menjadi dua kelompok, yaitu mereka yang tergabung dalam kelompok pertama dilarang membawa gadget, dan kelompok kedua diizinkan membawa serta menggunakan gadget selama berada di museum.

Hasilnya, mereka yang tergabung dalam kelompok pertama dengan mudah menceritakan pengalaman selama berada di museum secara deskriptif. Namun, responden pada kelompok kedua ditemukan kesulitan mengisahkan pengalaman selama berjalan-jalan di museum. Selain itu, mereka juga mengaku tidak ingat warna dinding dan suasana yang terjadi di museum.

Akhirnya, peneliti pun menyimpulkan bahwa kebiasaan selfie berlebihan dapat menurunkan konsentrasi dan daya ingat seseorang sehingga berpotensi mengakibatkan pikun pada usia muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com