Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2014, 18:12 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Kabarnya memasak sembari mendengarkan musik dapat membuat sajian terasa lebih sedap. Namun, sayangnya, belum ada penelitian yang menyatakan dengan akurat mengenai hubungan antara citarasa makanan dengan jenis musik yang diputar saat proses pengolahan.

Namun, yang pasti, seperti dikutip dari Times of India, memasak sembari mendengarkan musik dapat membuat pikiran dan suasana hati lebih santai. Selain itu, Anda pun lebih mudah memusatkan konsentrasi terhadap racikan bumbu, pengolahan, dan cara penyajian makanan yang Anda masak.. Terdengar menyenangkan bukan? Maka dari itu, lain waktu Anda memasak, tidak ada salahnya diiringi dengan musik favorit.

Atur playlist dengan musik favorit

Atur daftar lagu favorit Anda, pastikan jangan sampai terselip lagu yang kurang Anda suka. Tujuannya agar tidak mengganggu konsentrasi saat sedang mengolah bahan makanan. Selain itu, dapat memudahkan pikiran dan hati terasa nyaman serta menyenangkan.

Menginstal perangkat sistem suara di dapur

Kehadiran pengeras suara tambahan di ruang keluarga memang mampu menghasilkan suasana menonton bersama yang lebih seru dan ramai. Kondisi serupa juga bisa Anda terapkan di dapur, tetapi bedanya pada jenis musik yang Anda dengarkan. Disarankan untuk memilih jenis-jenis lagu klasik atau balada yang menenangkan. Namun, apapun pilihannya, pastikan sesuai dengan selera musik Anda.

Jangan membatasi kegembiraan untuk diri sendiri

Keuntungan lain memasang musik di dapur adalah dapat mengumpulkan seluruh anggota keluarga, saling berbagi sukacita lewat musik yang riang dan mudah membuat tubuh berdansa. Namun, ingat, jangan sampai ajang berkumpul bersama keluarga di dapur malah jadi membuat kegiatan memasak terabaikan. Selain itu, perhatikan juga volume musik yang Anda pasang agar anggota keluarga yang berada di ruang lain tidak merasa terintimidasi dengan suara lagu atau musik pilihan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com