Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2014, 12:21 WIB
KOMPAS.com - Dianggap "KKN" oleh rekan kerja lantaran punya hubungan keluarga dengan atasan memang bikin kita jadi serba salah. Berikut anjuran dari Career Expert, Donna Turner, agar terhindar dari gosip-gosip di kantor terkait "KKN":

1. Siapkan bukti tertulis saat melontarkan ide
Untuk performa kerja yang sifatnya bisa dilihat (tangible), seperti menjalankan proyek atau event, maka hasilnya relatif mudah dinilai. Namun, untuk performa kerja yang prosesnya lebih internal dan sulit terlihat (intangible), sebaiknya dilakukan secara tertulis. Misalnya, saat kita memberikan ide atau membuat konsep acara, lakukan lewat email ketimbang bicara langsung atau melalui telepon. Dengan begitu ada bukti nyata kalau itu merupakan hasil pemikiran kita.

2. Kurangi bincang-bincang santai
Kurangi percakapan yang sifatnya non-kerja dan tidak relevan dengan pekerjaan selama jam kantor. Ini akan membuat kita terlihat lebih profesional.

3. Hati-hati beropini
Hati-hati dalam memberikan opini tentang rekan kerja Anda pada atasan atau pihak mana pun. Usahakan obyektif, faktual, bisa dibuktikan, serta tidak menghakimi. Sehingga karyawan lain merasa nyaman berbicara dengan Anda.

Selamat mencoba!

(CHIC/Precilia M)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com