Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2014, 18:44 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Kandungan vitamin dan mineral di dalam jahe tak cuma berkhasiat untuk kesehatan dan menyedapkan hidangan makanan saja. Kandungan manfaat jahe juga bisa Anda manfaatkan untuk merawat kecantikan dan penampilan.

Berikut enam khasiat jahe untuk menjaga kecantikan Anda agar selalu memesona di setiap tahap usia:


1. Mencegah penuaan dini
Jahe mengandung antioksidan yang bisa mengurangi racun dalam kulit. Selain itu, jahe juga mampu melancarkan sirkulasi darah sehingga memperlambat proses penuaan dini.

2. Meringankan sakit kulit terbakar
Pernahkah Anda mengalami rasa sakit dan nyeri akibat kulit yang terbakar? Kalau iya, oleskan jahe segar yang dihaluskan atau diblender di bagian tubuh yang terbakar. Sebab, jahe bisa membuat suhu kulit yang terluka terasa lebih dingin, sehingga rasa sakit dan perih tak terlalu mendera.

3. Kulit bersinar
Jahe parut yang digosokkan ke kulit berkhasiat merontokkan kotoran dan daki, sehingga kulit pun jadi lebih segar, bersih, dan bersinar.

4. Mengurangi rambut rontok
Akar dari tumbuhan jahe bermanfaat dalam mengatasi rambut rontok. Sudah berabad-abada lamanya, akar jahe dimanfaatkan untuk menguatkan pangkal rambut. Selain itu, juga berkhasiat untuk menebalkan dan menghitamkan rambut Anda. Cara yang paling mudah adalah dengan memulaskan cairan tonik yang mengandung akar jahe.

5. Melawan ketombe
Jahe memiliki kandungan antiseptik yang bisa membasmi ketombe secara alamiah. Aplikasikan saja minyak jahe yang dikombinasikan dengan sampo, kemudian gunakan untuk mencuci rambut Anda.

6. Mengatasi rambut bercabang dan kering
Campuran minyak jahe dan sampo akan membantu mengatasi rambut bercabang . Selain itu, minyak jahe juga memiliki fungsi sebagai pelembab alami untuk rambut yang kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com