Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2014, 13:35 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com — Pria mana yang tidak berbunga-bunga bila pasangan memuji kemahirannya saat bercinta. Sebab, secara tidak langsung, sanjungan yang demikian menjadi bukti dari kualitas stamina maskulinnya.

Meskipun memang realitanya si dia pandai bercinta, jangan asal umbar kata-kata pujian. Sebab, sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of the International Association for Relationship Research mengungkapkan bahwa pria bisa membedakan pujian yang tulus dan palsu. Maka dari itu, jangan sembarang berucap!

Penelitian yang melibatkan 100 pasangan ini mewajibkan para partisipan menjawab sejumlah pertanyaan yang dirancang untuk mengetahui seberapa pentingnya memuji dan menghargai pasangan dalam sebuah hubungan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah partisipan pria dan wanita mengaku merasa bahagia dengan pernikahan mereka karena pasangan sering kali memuji. Mereka percaya bahwa kelanggengan rumah tangga dipengaruhi oleh rasa menghargai dari masing-masing pasangan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa para partisipan mengaku lebih suka dipuji berdasarkan kepribadian mereka dibandingkan tampilan fisik. Meskipun begitu, mereka tidak keberatan untuk sesekali mendengar pasangan memuji secara fisik. Alasannya ialah untuk membangkitkan kepercayaan diri.

Pujian yang paling diminati oleh pasangan adalah yang disampaikan dengan kata-kata yang tulus dan jujur. Sebab, tanpa ada bukti secara nyata, pujian-pujian tersebut pastinya akan terasa hampa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com