Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2014, 18:40 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber BBC


KOMPAS.com - Dalam tradisi Paskah, telur merupakan lambang kehidupan baru yang suci dan bersih. Tak heran, jika setiap tahunnya, dalam perayaan Paskah selalu ada telur yang dihias warna-warni. Selain telur ayam rebus yang diwarnai, Paskah juga identik dengan telur yang terbuat dari cokelat.

Peringatan Paskah atau hari kebangkitan Yesus identik dengan telur. Sebab, telur melambangkan kehidupan yang baru. Dalam tradisi dunia barat, umat Kristen kerap mengaplikasikan ragam warna pada telur paskah.

Selain telur ayam rebus aneka warna, cokelat telur juga banyak diminati. Bagaimanakah cara membuat telur cokelat? Berikut panduannya!

Bahan:
300 gr dark chocolate atau milk chocolate compound (cokelat masak),
Bahan dekorasi, misalnya rice krispies, cokelat beras, atau cokelat chip, atau cokelat putih.

Alat:
Cetakan berbentuk telur (cetakan ini berbentuk dua cangkang yang terpisah)
Kuas
Sendok
Panci
Plastik segitiga atau piping bag untuk menghias.

Cara membuat:
1. Potong cokelat menjadi bagian-bagian kecil, kemudian masukkan dalam panci. Kukus cokelat sampai meleleh dan sisihkan.
2. Ambil sebelah cetakan telur, kemudian tuangkan sedikit cokelat ke dalamnya dan ratakan ke seluruh bagiannya. Ratakan dengan kuas. Pastikan agar cokelat ini hanya melapisi cetakan dan biarkan bagian tengahnya kosong.
3. Lakukan proses yang sama, untuk mencetak sisa bagian telur. Biarkan cokelat ini membeku. Lepaskan dari cetakan.
4. Untuk menyatukan kedua bagiannya, ambil sedikit cokelat leleh dengan sendok dan gunakan untuk mengelem kedua bagian telur menjadi satu. Lem di bagian pinggir telurnya. Biarkan mengering.
5. Setelah telur bulat mengering, ambil aneka hiasan yang Anda suka, agar aneka hiasan ini bisa menempel, gunakan saja cokelat leleh.
6. Masukkan cokelat cair ke dalam piping bag atau plastik segitiga, kemudian beri sedikit cairan cokelat di belakang hiasan lalu tempel ke telur. Hiaslah telur sesuai keinginan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com