Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2014, 09:17 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Pameran pernikahan memberikan pelayanan satu pintu untuk calon pengantin yang sedang menyiapkan pesta perayaan momen istimewanya. Cukup datang ke satu tempat, semua kebutuhan terpenuhi. Apa sebenarnya yang paling sering dicari di pameran pernikahan?

Berpengalaman lebih dari delapan tahun menyelenggarakan pameran pernikahan, Parakrama Organizer, menyebutkan ada empat hal yang paling banyak dicari calon pengantin atau keluarganya. Hal ini diketahui berdasarkan nilai transaksi terbesar dari pameran.

Arief Rachman, Marketing Director Parakrama Organizer mengatakan transaksi yang paling banyak di pameran pernilkahan dari tahun ke tahun adalah katering, dekorasi, venue, fotografi.

"Katering paling besar transaksinya. Fotografi tidak kalah besar karena pengembangan produknya banyak, termasuk jasa video yang makin maju. Budget pernikahan untuk dokumentasi juga naik," katanya usai pembukaan pameran Gebyar Penikahan Indonesia 2014 di Balai Kartini Jakarta, Jumat (18/4/2014).

Selain keempat hal tadi, kata Arief, kebutuhan akan kebaya buatan desainer juga tinggi. Desainer kebaya juga menjadi incaran calon pengantin yang datang ke pameran pernikahan.

Menurut Arief, transaksi terbesar dari pameran pernikahan dapat diketahui dari penukaran kupon undian.

"Transaksi terbesar kami cari tahu dari penukaran kupon untuk diundi. Dari situ kami tahu apa saja transaksi pengunjung pameran," katanya.

Pengunjung yang bertransaksi dalam pameran pernikahan dapat menukarkan bukti transaksi dengan kupon undian untuk memperebutkan hadiah utama. Untuk pameran Gebyar Pernikahan Indonesia 2014, penyelenggara menyediakan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio. Pameran berlangsung di Kartika Expo Balai Kartini Jakarta, 18-20 April 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com