Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Cantik Menggunakan Sendok sebagai Alat Rias Wajah

Kompas.com - 20/04/2014, 12:39 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Siapa sangka kalau sendok yang biasa digunakan untuk makan, ternyata memiliki manfaat ganda untuk memaksimalkan kecantikan perempuan. Tidak percaya? Berikut uraiannya!

1. Menyingkirkan kantung mata
Gunakan sendok untuk mengempiskan kantung akibat kelelahan di area bawah mata. Caranya, dinginkan dua sendok makan, lalu tekan kantung mata dengan punggung sendok secara perlahan selama beberapa menit. Agar hasilnya maksimal, gerakan sendok satu arah menuju ke bagian sudut mata dari arah dalam menuju luar mata.

2.Menciptakan ekor mata yang sempurna
Gunakan gagang dan bagian melengkung pada sendok untuk membentuk ekor mata yang sempurna. Caranya, pegang gagang sendok searah dengan sudut luar mata. Kemudian, tutupi kelopak mata dengan menggunakan bagian melengkung sendok. Gabungkan kedua garis ini menggunakan eyeliner untuk membentuk ekor mata bak putri bangsawan Mesir di era yang lampau.


cosmopolitan

3. Menghalau serpihan maskara pada kulit sekitar mata
Serpihan maskara yang menempel pada kulit wajah tentunya akan mengganggu penampilan. Untuk membersihkannyaa, Anda bisa memanfaatkan “khasiat” lain dari sendok.

Tahan sendok di bawah mata ketika sedang mengaplikasikan maskara. Lalu, telungkupkan sendok dengan posisi bagian cekungnya menyentuh kulit, dan bagian punggung sendoknya menghadap keluar. Dengan demikian, serpihan maskara akan menempel di punggung sendok.

4. Memperbaiki eyeshadow yang pecah
Risiko menyimpan eyeshadow atau kosmetik padat di dalam tas adalah pecah terkena benturan keras atau guncangan. Untuk memperbaikinya, teteskan alkohol pada kosmetik yang pecah tersebut, lalu tekan perlahan menggunakan bagian punggung sendok yang rata. Agar kembali padat, diamkan hingga kering. 

5. Mengeriting bulu mata
Jika Anda tak memiliki penjepit bulu mata, gunakan sendok logam sebagai pengganti alternatif. Tempatkan punggung sendok ke bagian kelopak yang mendekati bulu mata. Kemudian, posisikan ujung sendok yang melengkung tepat di atas bulu mata, gulung ke atas, beri sedikit tekanan, dan pulaskan maskara dengan merata.

6. Membentuk alis
Kurva sendok makan yang besar adalah formasi yang sempurna untuk membentuk alis. Gunakan bagian sendok yang cekung tersebut sebagai panduan mewarnai dan membentuk alis.

7. Membentuk kontur pipi jadi lebih tirus
Sendok makan yang besar dapat memudahkan Anda untuk membentuk tulang pipi agar tampak tinggi. Caranya, posisikan bagian sendok yang cekung pada pipi Anda, area pipi yang tepat di bawah sendok adalah area memulaskan make-up yang tepat untuk membentuk kontur pipi lebih tirus.

8. Menyembuhkan jerawat
Rendam punggung sendok logam ke dalam air hangat, tidak lebih dari 20 detik. Kemudian, tempelkan secara perlahan agar kulit Anda beradaptasi dengan suhu sendok yang hangat. Lekatkan pada jerawat hingga sendok beralih dingin. Cara ini dapat membantu mengempiskan jerawat dan meredakan ruam merah di sekitar jerawat.  

9. Menghilangkan bekas memar
Untuk memperlancar sirkulasi darah di area yang memar, usapkanlah dengan sendok bersuhu dingin. Sebelumnya, simpan sendok ke dalam freezer untuk mendapatkan suhu yang tepat, agar luka cepat reda. 

10. Mencegah cat kuku berantakan
Gunakan sendok plastik dan balik sendok (bagian punggung sendoknya menghadap pada Anda). Tempelkan ujung sendok ke bawah kuku dan mulailah mengecat kuku. Dengan demikian, sisa cat kuku tidak akan menempel di kulit, karena ada sendok sebagai penadah cat kuku yang menetes. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com