Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit Mendapatkan Pekerjaan Impian? Asah Kreativitas Anda!

Kompas.com - 21/04/2014, 10:34 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com – Mencari pekerjaan sesuai impian dan cita-cita memang tidak mudah, terlebih tingginya jumlah saingan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi jika sebenarnya kemampuan yang Anda miliki tidak terlalu istimewa.

Daisy Indira Yasmine, Sosiolog dari Universitas Indonesia mengatakan, sekarang ini mencari pekerjaan akan jadi semakin sulit. "Pasar lapangan pekerjaan dan perusahaan sekarang ini sudah lelah dengan tenaga kerja dan bidang pekerjaan yang konvensional, misalnya akuntan, manajer dan lainnya," kata Daisy, saat peluncuran Genji Shoppe beberapa waktu lalu di Jakarta. 

Limpahan tenaga kerja yang berasal dari ilmu pendidikan konvensional juga membuat perusahaan-perusahaan kewalahan untuk menseleksi dan memilih kandidat terbaik sebagai karyawan. Coba bayangkan, puluhan orang yang memiliki kemampuan di bidang yang sama harus bersaing mendapatkan satu posisi di sebuah perusahaan. 

Daisy mengatakan, International Labour Organization mengungkap fakta pengangguran di dunia sudah mencapai 200 juta di awal tahun 2012. Diprediksi bakal meningkat setiap tahunnya. Parahnya, Indonesia berada di peringkat paling atas sebagai negara dengan jumlah pengangguran terbesar se-Asia Pasifik. Bayangkan saja, pengangguran di Indonesia sudah menyentuh angka 19,9 persen. 

Untuk mudah mendapatkan pekerjaan, selain kecerdasan intelektual, seseorang harus memiliki kemampuan kreativitas yang mumpuni. "Sebuah penelitian di Amerika, menemukan bahwa sebenarnya kreativitaslah yang dibutuhkan untuk menggairahkan kembali lapangan kerja," ujarnya.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa sebenarnya kehadiran generasi kreatif atau kelas kreatif adalah motor perubahan di negara-negara berkembang seperti Indonesia.  "Untuk bisa bersaing di dunia pekerjaan, asahlah sisi kreatif Anda. Temukan passion di dunia kreatif, misalnya fokus pada seni," katanya.

Bagi banyak orang seni masih dianggap sebagai bidang yang diangap sepele dan kurang menghasilkan uang. Namun tren bergulir dan berpihak pada calon karyawan dengan kreativitas yang cakap.


Sosiolog dari UI tersebut mencontohkan, beberapa pekerjaan yang membutuhkan seni dan kreativitas antara lain desainer grafis, desainer interior, koki, dan teknologi informatika. "Kalau mereka tidak punya jiwa seni dan kreativitas yang tinggi, pasti hasil pekerjaannya tidak akan disukai orang. Kenyataannya, segala sesuatu yang berseni itu sekarang lebih disukai orang," ujarnya. 

Selain itu, sarannya, jangan malas bersosialisasi dan menjaring relasi. Cara ini dapat membantu Anda memperoleh dan mengetahui peluang lapangan kerja sebelum orang lain. "Lewat media sosial boleh saja, tapi sebaiknya kopi darat, karena dengan bertemu langsung, Anda bisa presentasi ide dan mendapat dukungan serta masukan yang positif dari orang lain," sarannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com