Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal Gaya Rambut “Pompadour”, Selamat Datang Gaya Rambut “Barber”

Kompas.com - 21/04/2014, 18:11 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2014 silam, gaya rambut pompadour semarak mendominasi tren fesyen pria di dunia. Bisa dibilang, sejauh mata memandang pasti selalu ada pria bergaya rambut yang sempat dipopularkan oleh sang raja rock and roll, Elvis Presley, sepanjang era 1950-an.

Padahal sebenarnya, kemahsyuran pompadour bermula jauh sebelum Elvis berjaya. Gaya rambut ini kali pertama diperkenalkan pada abad ke-18, oleh selir dari Raja Louis XV, Madame de Pompadour. Tatanan rambut sasak yang ditarik ke belakang tersebut, diadaptasi oleh tren masa kini dengan mencukur habis bagian kanan-kiri rambut, dan hanya menyisakan rambut bagian atas, yang  ditarik ke belakang.

NYTIMES/EONLINE Gayar rambut Justin Timberlake yang menjadi tren sepanjang tahun 2014

Model rambut pompadour benar-benar kembali menjadi tren pada awal tahun 2013 silam, tepatnya setelah Justin Timberlake berpose untuk T Magazine mengenakan gaya rambut tersebut.

Namun, menjelang pertengahan tahun 2014 ini, tren gaya rambut pria mengedepankan potongan yang memiliki istilah barber. Menurut Lie Kuang, Hairstylist dari Lie Kuang Salon, rambut barber memiliki ciri khas di mana rambut bagian samping dicukur habis, lalu rambut bagian depan dicukur menggunakan pisau cukur kuno sampai bersih. Kemudian, sisa rambut di bagian atas dibiarkan menyambung dengan jambang yang tumbuh tipis-tipis dan dibentuk lancip.

Selanjutnya, Arie dari Arie & Harry Salon, mengatakan bahwa sekarang sejumlah hairstylist juga menciptakan berbagai potongan rambut untuk pria yang banyak diminati. "Sekarang ini gaya rambut pria yang sedang tren adalah gaya rambut yang unisex, misalnya pixie hair," kata Arie saat peluncuran It Looks L'Oreal Spring/Summer 2014 beberapa waktu lalu di Jakarta.

Gaya-gaya rambut pria sekarang ini, diakuinya tidak lagi berpotongan terlalu formal. Namun model rambut clean cut yang rapih dan necis ala pria kantoran juga masih banyak peminatnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com