Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2014, 08:44 WIB
KOMPAS.com - Tak semua rekan kerja akan mendapat impresi baik di mata kita, entah karena perkataan atau bahkan perilakunya. Berikut tiga hal yang bisa dilakukan untuk  mengusir rasa kesal terhadap rekan kerja di kantor:

1. Tanya kepada diri sendiri
Tak ada gunanya mengeluh, apalagi hanya Anda yang merasakannya. Untuk kembali meyakinkan, cobalah tanya pada diri sendiri, apakah benar sumber keluhan berasal dari rekan kerja atau hanya sekadar rasa lelah? Pasalnya, keluhan dapat berimplikasi pada kinerja Anda. Coba bayangkan apa jadinya bila harus bekerjasama dengan rekan yang menjengkelkan dalam suatu proyek kerja? Yap, bersemangat pun rasanya tidak.

2. Pertimbangkan kembali  
Bila sudah terlampau menjengkelkan, memang menyatakan kepada atasan bisa menjadi jalan keluarnya. Namun, alangkah bijaknya bila hal ini bisa diselesaikan tanpa pihak ketiga. Ada baiknya untuk berhati-hati, sebab bila salah persepsi, maka kita yang bisa dinilai buruk oleh pihak yang bersangkutan. Tak ada salahnya mencoba membicarakannya dengan rekan kerja terkait untuk menyelesaikan persoalan ini.

3. Cari waktu yang tepat
Bila pada akhirnya harus membicarakannya kepada si rekan kerja atau bahkan kepada atasan, usahakan untuk mencari waktu yang tepat agar tak menjadi bumerang untuk Anda. Sebab, bisa-bisa malah Anda yang dianggap menjengkelkan karena mengganggu waktu dan kinerja orang lain.

(CHIC/Hana/Equita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com