Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Mengaku Kolektor Jam Tangan jika Tak Bisa Merawatnya!

Kompas.com - 25/04/2014, 18:20 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber wikihow
KOMPAS.com– Selain harus memiliki dana lebih untuk memenuhi ambisi mengoleksi suatu benda, seorang kolektor semestinya juga harus mengerti bagaimana merawat dan menjaga koleksi berharganya tersebut. Sebut saja Anda seorang kolektor jam tangan, maka sudah seharusnya Anda mengerti tip dasar membersihkannya.

Bagi pria, jam tangan bukan sekadar aksesori pelengkap tampilan, tapi juga sebagai simbol kemamapanan. Maka dari itu, jangan heran melihat sejumlah pria yang rela menggelontorkan uang demi satu koleksi jam tangan mewah.

Memang benar, jam tangan dengan harga jual mahal tentu menawarkan kualitas terbaik.Namun, bukan berarti jam tangan mahal dan mewah tidak memerlukan perawatan, apalagi jika jam tangan Anda terbuat dari material yang spesifik. Berikut tip sederhana membersihkan tali jam tangan yang benar dan tepat:

Tip satu
Jika jenis tali jam tangan Anda dapat dilepaskan dari bagian motornya, maka sesekali lakukanlah. Tujuannya untuk membersihkan tali jam dari debu, bekas keringat, dan cairan lainnya yang dapat meresap masuk ke dalam motor jam tangan.

Tip dua
Jika tali jam terbuat dari logam, Anda bisa membersihkannya dengan merendam di air sabun. Lalu, diamkan selama beberapa menit, kemudian lap dengan kain lembut untuk mengeringkannya. Nah, apabila tali jam tidak bisa dilepas, Anda cukup dengan menyemprotkannya dengan campuran air sabun. Namun, lakukan secara merinci dan berhati-hati karena semprotan air berlebihan bisa merusak internal motor jam.

Tip ketiga
Untuk membersihkan sisa kotoran di bagian lipatan tali, gunakanlah tusuk gigi, sikat gigi, atau cotton bud. Sebab, pada bagian lipatan tersebut rentan terkontaminasi dengan sisa keringat dan debu. Selanjutnya, keringkan dengan kain lembut.

Tip keempat
Apabila tali jam terbuat dari kulit, bersihkan dengan semprotan berisi cairan pembersih kulit dan keringkan hingga merata. Terakhir, pasangkan kembali tali jam sesuai formasi rancangan utuh.

Tip kelima
Untuk membersihkan bagian motor dan kaca jam tangan dari jejak sidik jari dan polusi,  bisa dilakukan dengan cara sederhana, yakni cukup dengan menggunakan kain lembut bebas serat.

 


 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com