Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Komunikasi dengan Pasangan? Atasi dengan Cara Ini

Kompas.com - 26/04/2014, 09:14 WIB
KOMPAS.com - Hubungan cinta tak selalu indah dan bahagia. Ada kalanya usaha dan pengertian dibutuhkan, terutama dalam menghadapi persoalan. Terlebih, jika Anda dan pasangan sama-sama sibuk dan jarang berkomunikasi. Berikut cara hadapi persoalan krisis komunikasi:

1. Waktu yang berkualitas
Padatnya jadwal sehari-hari dapat membuat intensitas komunikasi Anda dan pasangan makin berkurang. Untuk itu, cobalah luangkan sekitar 15-20 menit setiap harinya untuk benar-benar melakukan diskusi, baik itu membahas tujuan masa depan, masalah pribadi atau mendebatkan sesuatu. Menjadwalkan waktu yang berkualitas dengan pasangan adalah langkah penting untuk membuat komunikasi tetap hidup.

2. Menggali lebih dalam
Ketika Anda telah lama bersama, ada kalanya membuka topik percakapan yang menarik menjadi hal yang tidak mudah. Dibandingkan menanyakan sesuatu yang jawabannya hanya 'ya' atau 'tidak', lebih baik mulailah dengan pertanyaan terbuka. Misalnya saja merencanakan liburan. Topik apa pun yang memicu rasa ingin tahu dan membuat percakapan terus mengalir bisa menjadi pilihan.

3. Ekspresif
Ketika si dia berhasil mendapat promosi di tempat kerja  atau berhasil mencapai sesuatu, beri pujian padanya. Bersungguh-sungguhlah dengan setiap ucapan Anda. Katakan bahwa Anda bangga padanya. Saat melakukan ini tatap mata si dia dan beri pelukan hangat. Selama apa pun usia hubungan Anda dengannya, jika sikap seperti ini selalu dijaga, Anda dan pasangan akan merasa nyaman dan berharga dalam hubungan.

(CHIC/Bestari Kumala Dewi/Equita Maulidya)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com