Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2014, 13:01 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Tak cuma tulang dan kulit saja yang mengalami penuaan. Seiring bertambahnya usia, rambut juga mengalami penuaan.

"Seiring waktu, folikel rambut kita menyusut, membuat rambut jadi lebih tipis, rapuh dan sulit diatur, " kata Kevin Mancuso, Direktur kreatif Nexxus, produk rambut. Berikut beberapa tanda-tanda penuaan yang terjadi pada rambut:

1. Rambut menipis
Berdasarkan penelitian Nexxus, setiap manusia lahir dengan 1110 folikel rambut per cm persegi. Seiring waktu, tepatnya saat berusia 25 tahun, jumlah folikel rambut tersebut berkurang menjadi 600. Lalu, saat di usia 30-50 tahun terus semakin berkurang hingga 250-300. 

2. Rambut rusak
Mancuso mengatakan, rutinitas dan kebiasaan yang Anda lakukan bisa membuat rambut rusak."Misalnya kurang minum yang menyebabkan dehidrasi, terkena paparan sinar matahari, panas dari alat penata rambut, luka karena jepitan rambut, kucir ekor kuda yang terlalu kencang, menyisir rambut dengan keras, dan semua proses kimia. Ini membuat rambut jadi mudah rusak seiring usia bertambah," katanya.

Kunci untuk mencegah kerusakan rambut adalah menambah kelembaban di dalam rambut. Maka dari itu, ia menyarankan Anda untuk memakai produk rambut yang mengandung gliserin untuk melembabkan.  

3. Rambut kering
Penuaan juga membuat kelembaban pada kulit kepala dan rambut terus menurun, sehingga produksi minyak dan asam lemak yang berfungsi sebagai hidrator alami rambut pun berkurang. Kondisi ini membuat pori rambut rusak, sehingga kelembaban rambut lebih cepat hilang. 

Untuk mengatasinya, gunakan saja kondisioner. Namun, jangan hanya digunakan saat mandi. "Ambil kondisioner dan gosok di antara telapak tangan, kemudian gosok di ujung rambut, tunggu sampai kering dan tata rambut Anda," kata Jet Rhys, penata rambut dari San Diego. 

4. Kusam
Menuanya kondisi rambut membuat sinar dan cahaya rambut turut memudar. Mancuso mengatakan, ketika permukaan rambut kering dan keropos, maka refleksi cahaya dari secara alamiah terus berkurang. Menyisir, menata, dan mencuci rambut sebenarnya hanya akan meningkatkan kekusaman rambut.

5.Kasar
Fluktuasi hormon yang terjadi seiring usia bisa menyebabkan perubahan tekstur rambut. Ini semakin parah dengan rutinitas pemakaian alat penataan rambut yang panas dan bahan-bahan kimia yang diaplikasikan. Alhasil, rambut Anda bisa menjadi kasar. 

6. Rapuh
Rambut kering menyebabkan rambut jadi rapuh. Penuaan pada rambut menyebabkan kelembabannya mudah hilang. Rambut yang diwarnai lebih cepat rusak dan membuat kelembaban hilang sehingga lebih rapuh. 

7. Susah diatur dan kusut
Jika Anda kerap heran kenapa rambut makin lama makin susah diatur? Ini karena rambut Anda sudah tua. "Rambut kusut dan tekstur yang tak teratur akan dialami saat usia makin bertambah. Struktur rambutnya sendiri tidak bisa flat," katanya. 

Mengatasi hal ini, Rhys mengatakan untuk menggunakan primer rambut. "Cara kerjanya sama seperti primer wajah yang menghaluskan semua kerutan dan pori kulit, primer rambut mengisi celah-celah di rambut dan meratakan poros sehingga bisa diatur dengan mudah," jelas Rhys.

8. Warna rambut berubah
Tentu saja, ini adalah indikasi penuaan yang paling mudah terdeteksi. Hal ini terjadi khususnya pada ujung rambut dan membuat warna rambut jadi lebih cepat memudar, yang kita kenal dengan istilah “uban”. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com